Health

Jika Anda Migrain Saat Hamil

By  | 

Perubahan hormon saat hamil memang bisa membuat banyak hal berubah, termasuk perubahan fisik. Misalnya sakit kepala yang dirasakan saat trimester pertama. Namun, berbeda dengan migrain ya, Mams to be. Sakit kepala sebelah yang sering dialami saat hamil bisa jadi ada hubungannya dengan risiko tekanan darah tinggi dan pre-eklampsia. Oleh karena itu, Anda harus bisa membedakan antara sakit kepala biasa dengan migrain.

Ciri sakit kepala antara lain menyerang sisi kanan dan kiri kepala, tidak menyebabkan gejala lain seperti muntah atau mual, tidak akan kambuh hanya karena aktivitas fisik seperti menaiki tangga, dan lebih mudah disembuhkan dengan cepat. Sedangkan ciri migrain adalah menyerang salah satu bagian kepala, bisa kiri atau kanan, menyebabkan gejala lain seperti mual, muntah, dan sensitif terhadap musik dan cahaya, akan terasa semakin sakit setelah melakukan aktivitas fisik seperti menaiki tangga atau berjalan-jalan, serta merasakan pusing yang amat sangat.

Nah, Mamas, biasanya orang yang sebelumnya sudah sering migrain saat sebelum hamil, maka kemungkinan ia untuk mengalami migrain saat hamil tetap ada. Namun, sebelum Anda memutuskan mengonsumsi obat tertentu, sebaiknya konsultasikan terlebih dahulu dengan dokter kandungan ya. Dan daripada Anda sembarang minum obat, lebih baik kenali dulu pemicu migrain yaitu :

  • Stres yang bisa menyebabkan otot di sekitar leher menjadi tegang sehingga memicu sakit kepala atau migrain.
  • Menunda makan dan kurang asupan air putih.
  • Kurang tidur atau terlalu lama tidur.
  • Olahraga berlebihan, khususnya untuk Anda yang kurang terbiasa berolahraga.

Setelah mengetahui pemicunya, maka Anda bisa meminimalisir kemungkinan timbulnya sakit kepala atau migrain saat hamil dengan menerapkan tip berikut :

  • Usahakan untuk memiliki jadwal tidur yang teratur setiap hari. Jika Anda mengalami insomnia, Anda bisa mengatasinya dengan tip yang pernah Smart Mama berikan. (Baca : Insomnia Ketika Hamil? Ini 5 Tip Mengatasinya)
  • Anda dilarang untuk stres. Bila Anda wanita karier, usahakan untuk mengerjakan pekerjaan tepat waktu guna menghindari lembur.
  • Makan teratur sesuai jadwal, ya, Mams. Terlambat makan 5 menit saja bisa memicu kepala Anda menjadi pusing, lho.
  • Coba untuk berolahraga secara rutin. Anda bisa coba yoga prenatal atau jalan santai. (Lenny Delima/Photo:Istockphoto.com)

 

Shares