Parenting

Deasy Noviyanti: Lebih Rajin dan Sabar Setelah Jadi Mama

By  | 

Presenter dan penyiar radio yang juga brand ambassador dari Mom n Jo Spa, Deasy Noviyanti mengaku banyak perubahan pada dirinya setelah memiliki Jazmeen Indira Arkani (8 tahun) dan Galadriel Kenez Syahin (3,5 tahun). Seperti apa perubahan ini dan bagaimana Deasy juggling membagi waktu untuk diri sendiri, pasangan serta kedua anaknya? Yuk simak perbincangan Smart Mama dengan istri dari Saladdin Yudono tersebut.

Smart Mama: Hai Deasy, apa kabar? Apa saja kegiatan Anda saat ini?

Deasy: Hai baik, saat ini saya siaran Morning Show di radio UFM 94,7, juga menjadi host program One Stop Football di Trans 7, sudah masuk tahun ke-13 nih. Saya berdua suami juga menjadi host program Masak Sehat di DAAI TV, dan saya juga menjabat sebagai Ketua Umum Syair untuk Sahabat Foundation, sebuah yayasan pendampingan bagi anak-anak HIV. O iya, saya juga healthy mom icon untuk Mom n Jo Spa sejak hamil anak kedua di bulan November 2011.

Smart Mama: Jarak usia kedua anak Anda kan cukup jauh ya, ada perbedaan tidak antara kehamilan pertama dengan yang kedua?

Deasy: Saya sangat bersyukur karena kedua kehamilan saya berjalan lancar tanpa mual atau ngidam. Hanya saja, saat kehamilan pertama saya menjadi lebih senang beres-beres, dan harus bersih. Tapi untungnya tak ada kendala berarti.

Deasy dan kedua putrinya

Deasy dan kedua putrinya

Smart Mama: Saat adiknya lahir, apakah kakaknya jealous?

Deasy: Sejak awal kami sudah mempersiapkannya untuk jadi kakak, jadi saat adiknya lahir ia sudah siap. Tetapi ada juga sih rasa bingung yang ia alami. Misalnya ia bertanya kenapa tidak ikut menginap di rumah sakit saat saya melahirkan, tapi saya dan suami menjelaskan padanya bahwa mama harus recovery dulu di rumah sakit. Kendala lain saat adiknya lahir, Jazmeen terkena cacar dan harus tidur terpisah. Saat itu ia juga merasa bingung, tapi lagi-lagi saya dan suami berusaha menjelaskan kondisinya. Saya juga banyak bertanya pada teman-teman yang memiliki lebih dari satu anak. Kebanyakan mereka menasihati saya untuk tetap fokus pada anak pertama meskipun ada Si Bayi.

Smart Mama: Saat ini, bagaimana hubungan keduanya?

Deasy: Seperti sibling pada umumnya hubungan keduanya akrab meskipun diselingi dengan ribut-ribut kecil seperti rebutan jepit rambut atau pulpen. Tapi ada kalanya juga kakaknya mengajarkan Si Adik sikat gigi.

Smart Mama: Biasanya bagaimana Anda menangani saat keduanya bertengkar?

Deasy: Biasanya saya melihat dulu sampai sejauh mana keributan tersebut berlangsung, kalau sulit dihentikan saya akan menengahi. Saya akan bertanya siapa yang lebih membutuhkan barang tersebut di saat itu.

Smart Mama: Pola asuh seperti apa sih yang Anda terapkan untuk anak-anak?

Deasy: Dibilang santai tidak juga, tapi terlalu keras juga tidak. Saya hanya menanamkan pada anak-anak untuk berani berbicara dan terbuka pada kami. Disiplin juga harus, misalnya saya membatasi jumlah permen yang anak-anak makan. Kalau ingin meminta lebih ya tidak bisa, merengek seperti apapun tidak akan saya kasih.

Smart Mama: Perubahan apa yang terjadi pada diri Anda sendiri setelah memiliki dua anak?

Deasy: Wah banyak, haha. Pertama, saya menjadi orang yang lebih sadar kebersihan, yang kedua saya juga belajar mengenai nutrisi karena anak saya yang pertama kan alergi sehingga saya menemui nutritionist untuk mendalami tentang nutrisi. Sampai saya juga jadi bisa masak sendiri dan mengetahui bahan pengganti jika anak saya alergi dengan ingredient tersebut. Sejak jadi mama, saya juga menjadi lebih sabar dan menahan emosi. Saya juga jadi lebih rajin, kalau dulu misalnya kegiatan saya dimulai pukul 09.00, saya akan bangun pukul 06.00 dan santai-santai dulu. Kini saya bangun lebih pagi untuk mempersiapkan keperluan anak-anak, belum lagi memberi pesan-pesan pada orang rumah. Menjadi mama juga membuat ilmu komunikasi saya lebih tinggi, saya jadi lebih bisa berkomunikasi dengan anak-anak yang terkadang kita bingung maunya apa.

Smart Mama: Dengan segala aktivitas, apakah Anda masih memiliki me time?

Deasy: Nah untungnya anak-anak saya perempuan, jadi bisa diajak me time bareng misalnya spa atau pijat. Kalau tidak bisa sekeluarga, kadang-kadang saya hanya mengajak anak yang kecil ke salon. Atau jajan berdua anak saya yang besar.

Bersama suami

Bersama suami

Smart Mama: Nah, kalau kencan dengan pasangan gimana?

Deasy: Masih bisa kok, kita hobi nonton dan makan, jadi aktivitas kencan kita adalah dua hal tersebut, nonton dan nyoba restoran baru.

Smart Mama: Kalau ke luar kota berdua?

Deasy: Pernah juga sih dulu-dulu, tapi sekarang ini kalau pergi berdua lebih banyak di dalam kota saja. Selain nonton dan makan, kadang saya dan suami pijat bareng juga. (Karmenita Ridwan/LD/Photo: Dok. Mom n Jo)

Shares