Mind

Me Time di Trimester Terakhir

By  | 

Trimester ketiga atau terakhir dalam kehamilan adalah masa yang dinanti oleh para calon mama. Dalam hitungan kurang lebih tiga bulan, Anda akan berganti status menjadi ibu. Perasaan deg-degan, senang, sekaligus ada ketakutan menghadapi persalinan akan mewarnai hari-hari Anda. Selain itu, Anda akan mulai menyiapkan segala perlengkapan Si Kecil, termasuk menyiapkan nama untuknya. Di tengah-tengah ‘kesibukan baru’ ini, jangan lupa untuk tetap punya waktu ‘me time’ ya, Mamas. Pasalnya, setelah melahirkan nanti, waktu untuk diri sendiri pasti akan jauh berkurang karena Anda akan super sibuk mengurus Si Bayi. Nah, Mamas, apa saja sih ide ‘me time’ di trimester terakhir ini?

1. Tidur. Sudah bukan rahasia lagi ya, Mamas, begitu Si Bayi lahir, jam tidur Anda akan berubah sekaligus berkurang, apalagi di tiga bulan pertama kelahirannya. Anda dan pasangan harus begadang karena mengingat Si Kecil belum bisa membedakan siang dan malam. Sehingga jam tidurnya pun sering terbalik, saat siang ia tidur pulas sementara di malam hari, Si Bayi malah melek berjam-jam. Nah, Mams, gunakan waktu 3 bulan terakhir ini untuk Anda perbanyak waktu tidur di saat luang ya.

2. Membaca. Perbanyak pengetahuan Anda tentang kehamilan plus cara mengurus newborn dengan membaca buku, majalah parenting, ataupun situs motherhood favorit Anda. Atau, bila Anda juga menyukai novel, tak apa juga sih Mamas, Anda lanjutkan hobi satu ini. Tapi, jangan pilih novel horror atau thriller ya. Saran Smart Mama, coba baca Chicken Soup For Expectant Mother’s Soul deh. Bila Anda sudah tidak bisa menemukannya di toko buku, Anda bisa coba membeli secara online di www.amazon.com atau membaca e-book nya di www.goodreads.com.

3. Menonton bioskop. Setelah melahirkan nanti, Anda akan merindukan masa menonton bioskop, khususnya untuk Anda yang seorang movie freak. So, sebelum ke bioskop menjadi ‘hal mewah’ untuk Anda, silakan kunjungi bioskop terdekat dengan rumah atau kantor Anda. Nikmati ‘me time’ sambil menonton film favorit dan sekantung kecil popcorn yang manis atau asin. Selamat bersantai, Mamas to be. (Lenny Delima/Photo:Istockphoto.com)

 

Shares