Health

Hindari 7 Makanan ini Saat Hamil

By  | 

Waktu hamil dulu, saya termasuk calon mama yang beruntung. Soalnya saya tidak rewel dalam urusan makanan. Bahkan, bisa dibilang saya juga tidak ngidam. Sepanjang 9 bulan kehamilan, saya tidak pernah mual atau muntah berlebihan sehingga bebas makan apa saja. Tapi saya ingat, ada beberapa jenis makanan yang memang tidak disarankan oleh dokter untuk saya konsumsi. Demikian juga menurut beberapa situs kesehatan, wanita hamil sebaiknya berhati-hati terhadap makanan-makanan ini karena tidak aman untuk janin. Apa saja ya, Mamas to be? Simak ya.

  1. Daging mentah/setengah matang. Daging mentah atau setengah matang sebaiknya dihindari oleh ibu hamil karena berisiko terkontaminasi bakteri salmonella yang bisa menyebabkan diare dan toksoplasma sebagai penyebab infeksi serius pada Anda dan janin.
  2. Ikan berkandungan merkuri. Seperti ikan king makarel, cucut, dan hiu yang bila dikonsumsi ibu hamil bisa berpengaruh pada kerusakan otak dan keterbelakangan mental pada bayi.
  3. Susu yang belum dipasteurisasi. Susu sapi yang belum melalui proses pasteurisasi mengandung bakteri listeria yang bisa memicu keguguran.
  4. Sayuran dan buah yang belum dicuci. Sayur mayur dan buah memang baik bagi kesehatan semua orang, termasuk untuk wanita hamil. Tapi harus ingat ya, Mamas, sebelum mengolah dan mengonsumsinya cuci bersih dengan menggunakan air mengalir ya. Sebab, sayuran dan buah yang tidak dicuci bisa terkontaminasi bakteri toksoplasma yang mungkin ada di tanah, sebagai tempat sayuran bertumbuh.
  5. Keju lunak. Ada beberapa jenis keju yang sementara harus Anda hindari misalnya brie, camembert, roquefort, feta, gorgonzola, dan mexican karena berisiko terkontaminasi bakteri listeria. Anda boleh mengonsumsi keju apabila kandungannya terbuat dari susu yang sudah dipasteurisasi.
  6. Alkohol. Segala jenis alkohol seperti wine, bir, atau sampanye sama sekali tidak boleh Anda konsumsi sepanjang kehamilan. Bila dikonsumsi, maka bisa memicu fetal alcohol syndrome, yang bisa menyebabkan keterbelakangan mental pada anak.
  7. Telur mentah/ setengah matang. Seperti halnya daging, telur yang tidak matang sempurna mengandung bakteri salmonella yang bisa mengganggu kesehatan pencernaan. Hindari juga mayones atau salad dressing yang terbuat dari telur mentah ya, Mamas. (Lenny Delima/Photo:Istockphoto.com)

 

 

 

Shares