Mind

Yang Harus Dilakukan di Trimester Pertama

By  | 

Setiap kehamilan yang direncanakan tentu membawa kebahagiaan untuk tiap orangtua. Apalagi untuk Anda yang baru pertama kali mengandung. Kira-kira apa yang harus dilakukan dalam menyambut kehamilan, khususnya di 3 bulan pertama kehamilan?

  1. Menemukan dokter dan rumah sakit yang tepat. Sebelum hamil, Anda mungkin sudah memiliki dokter obgyn langganan selama bertahun-tahun. Namun, bukan berarti ia adalah orang yang sudah pasti cocok menjadi dokter kandungan Anda nantinya. Tak ada salahnya Anda dan pasangan mendatangi beberapa dokter kandungan dan rumah sakit yang ada di daerah Anda, untuk mencari beberapa perbandingan, hingga akhirnya mendapat yang terbaik. Memang sih, ini akan menyita waktu Mamas, tapi memang diperlukan usaha lebih kan demi mendapat yang paling cocok.
  2. Tak perlu membaca buku kehamilan yang membuat Anda cemas. Saat hamil, Anda pasti mendapat rekomendasi bacaan dari beberapa teman atau kerabat yang sudah jadi ibu. Bila memang ternyata buku-buku kehamilan ini malah membuat Mamas ketakutan karena isinya menceritakan proses persalinan yang ‘seram’, langsung tutup dan hentikan membaca.
  3. Jangan buru-buru beli baju hamil. Perubahan tubuh Anda di 3 bulan pertama kehamilan tentu belum terlalu signifikan. Jadi, tak perlu buru-buru beli baju hamil dan segala perlengkapannya ya, Mams. Anda masih tetap bisa memakai busana lama Anda, namun tinggalkan sementara jeans super ketat atau rok pensil Anda yang kesempitan itu.
  4. Memiliki ‘teman seperjuangan’. Sebagai calon mama baru Anda pasti ingin banyak bertanya beragam hal seputar kehamilan kepada ibu hamil atau yang sudah lebih dulu jadi ibu. Tak ada salahnya, Anda bergabung dengan klub kehamilan atau mailing list (milis) yang dikelola oleh beberapa media parenting di Indonesia. Welcome to the club, Dear! (Lenny Delima/Photo:Istockphoto.com)

 

Shares