Health

Makanan Diet Tepat untuk Ibu Menyusui

By  | 

Beberapa survei dan penelitian menunjukkan bahwa ibu menyusui mampu membakar kalori sekitar 300-500 kkal per hari. Artinya, ibu menyusui mampu memicu penurunan berat badannya. Tetapi tak semua ibu menyusui bisa mengalami hal ini, ada banyak ibu menyusui yang justru makin bertubuh gemuk saat menyusui. Nah, berikut,beberapa tip agar tubuh Smart Mama tetap langsing namun tak menganggu acara menyusui, dan Si Kecil tetap mendapat asupan bergizi.

 

Raw pork chops on a cutting board

Daging merah
Daging diperbolehkan masuk dalam daftar makanan diet Anda. Sebab daging mengandung  zat besi yang cukup tinggi. Dengan catatan, pastikan pilih daging merah tanpa lemak ya.

 

iStock_000050522966_Small

Telur
Selain mengandung banyak mineral dan vitamin, telur juga merupakan salah satu makanan yang bisa memberikan rasa kenyang lebih lama dibandingkan protein gandum.

 

Bunch of fresh spinach on white background

Daun singkong
Sayur santan atau lalapan daun singkong bisa juga Anda masukkan ke dalam daftar makanan saat Anda diet. Daun singkong banyak mengandung protein, vitamin A, dan C.

 

Glass of water in summer

Perbanyak konsumsi air putih

Ibu menyusui sangat membutuhkan banyak cairan. Dan cairan itu bisa didapatkan dengan mengonsumsi banyak air putih, minimal 8-10 gelas per hari. Minum banyak air putih juga dapat membantu menurunkan berat badan sehingga tubuh bisa langsing kembali.

 

fruit dessert

Perbanyak konsumsi buah-buahan

Mengonsumsi buah-buahan tak saja memberikan kesegaran tersendiri bagi pelaku diet ibu menyusui, tetapi juga memberikan banyak manfaat bagi Si Buah Hati. Selain itu, beragam buah juga mengandung vitamin yang sangat membantu program diet sehat. (Yosi avianti/LD/Photo : Istockphoto.com)

Shares