Parenting

Cerita Para Smart Mama Soal Nanny

By  | 

Persoalan yang kerap membuat pusing para Mamas adalah mencari pengasuh atau nanny yang cocok untuk Si Buah Hati. Meskipun banyak yayasan yang menawarkan jasa pengasuh namun tetap saja tak semua mama beruntung mendapatkan suster atau nanny yang sesuai keinginan. Bagaimana dengan para Smart Mama berikut? Apakah ada kiat tertentu yang bisa Anda ‘curi’ agar mendapat nanny yang tepat? Simak, Mam!

“Buat saya seorang nanny harus sayang anak dan sabar. Saya sudah 3 kali ganti dan akhirnya dapat yang cocok. Sejak Deana berumur 12 bulan hingga sekarang usia 2 tahun, pengasuh yang terakhir ini sangat telaten dan sabar mengasuh. Padahal, anak saya sangat aktif. Salah satu yang membuatnya betah adalah, saya selalu memberikan hari libur sebulan 2 kali, dan memberi uang lembur jika ia harus ikut saya pergi hingga larut malam.”
Disa, mama dari Deana, 2 tahun

“Saya sudah ganti nanny sampai 4 kali dan akhirnya kapok sehingga memutuskan memakai jasa ART untuk menjaga anak saya. 3 Nanny yang pernah kerja dengan saya meski sudah mendapatkan pelatihan tetap saja kerjanya tidak becus dan malas. Nanny yang ke-4 juga sama, bahkan ia sampai bertengkar dengan pembantu di rumah hanya karena masalah kerjaan. Syukurlah sekarang anak saya baik-baik saja dijaga oleh ART.”
Arialy, mama dari Dito, 3 tahun

“Saya selalu mencari nanny lewat yayasan terpercaya dan para pengasuh sudah diberikan pelatihan terlebih dahulu. Kebetulan saya langsung dapat yang cocok. Saat mencari saya juga punya banyak permintaan, misalnya yang berusia muda, gesit, dan sayang anak. Mengingat anak saya hobi lari-lari, takutnya kalau nanny yang sudah cukup umur tidak kuat mengejar anak saya, haha.”
Erlyn, ibu dari Kansa 2 tahun

Tip dari Smart Mama
• Jangan terburu-buru dalam mencari pengasuh. Luangkan waktu dan tinjau semua situasi dan kondisi sebelum membuat keputusan akhir.
• Buatlah daftar tentang apa yang Anda inginkan ketika mencari pengasuh. Ini berarti termasuk anggaran, waktu, ekspektasi, referensi, dan seperti apa tepatnya orang yang Anda cari.
• Carilah sumber yang bisa memberikan Anda daftar lembaga atau agen pengasuh yang berbeda. Anda bisa mencari di buku telepon, menanyakannya pada keluarga atau teman yang pernah menggunakan jasa pengasuh.
• Ketika sudah menemukan agensi, pastikan untuk mengajukan pertanyaan detil. Tanyakan bagaimana proses seleksi pengasuh, seberapa luas pemeriksaan latar belakang mereka, apakah ada tes pemeriksaan penggunaan narkoba, berapa lama agen tersebut beroperasi, dan pertanyaan lain yang ingin Anda tanyakan. Good luck, Mamas.
(Yosi Avianti/LD/ Photo: Istockphoto.com)

Shares