Mind

5 Tip Menjalani Kehamilan dengan Bahagia

By  | 

Biarkan kebahagiaan Anda sebagai calon mama makin terpancar dengan menerapkan 5 tip pilihan Smart Mama berikut.

1.Semua orang bisa jadi ahli, tapi Anda yang punya otoritas akan Si Bayi

Ketika hamil, bukan tidak mungkin semua orang di sekeliling Anda, tiba-tiba jadi ahli soal kehamilan. Mulai dari orangtua, mertua, kakak ipar, hingga sahabat Anda tiba-tiba ingin campur tangan soal kehamilan Anda. Mungkin awalnya Anda akan sedikit terganggu dengan ‘kehebohan’ mereka, tapi apa yang Anda rasakan mengenai kehamilan hingga persalinan Anda nantinya, hanya Anda yang merasakan. Jadi, semua saran yang Anda terima seputar kehamilan sepenuhnya hak Anda untuk menerima atau menolaknya.

  1. Kemarahan, frustasi, dan kelelahan tak membuat Anda jadi orangtua yang buruk

Perubahan hormon saat hamil tentu membuat perubahan pada fisik maupun mental Anda. Wajar bila Anda jadi lebih mudah tersinggung, frustasi,lelah, hingga marah. Perasaan-perasaan negatif ini mungkin bisa membuat Smart Mama menjadi calon ibu yang buruk buat Si Buah Hati. Jika begini, Anda tak akan menjalani kehamilan dengan senang. Jadi, santai saja ya Mam. Lupakan perasaan tersebut dan yakinlah bahwa perasaan ini akan hilang setelah Anda berjumpa Si Bayi.

  1. Rasa percaya diri lebih penting dari sekadar insting

Banyak orang bilang bahwa Anda harus memercayai insting Anda sebagai orangtua. Padahal insting saja tidak cukup dalam menjaga agar kehamilan tetap berjalan lancar. Agar Anda yakin bawah 9 bulan kehamilan ini berlangsung mulus, Anda butuh dukungan keluarga dan juga paramedis yang menyatakan bahwa kehamilan Anda sehat. Pernyataan dokter ini tentu membuat Anda percaya diri sehingga dapat menjalani kehamilan dengan lebih bahagia.

  1. Tak ada yang 100 persen benar soal pola asuh anak

Kekhawatiran soal pola asuh anak sudah terbayang sejak Si Kecil masih berada dalam kandungan. Bila ada sudah memusingkan soal hal ini, bukan tidak mungkin Anda malah tidak happy dalam menjalani kehamilan. Banyak teori yang akan muncul seputar pola asuh anak, dan tidak ada satu pun yang 100 persen benar. Pola asuh anak Anda belum tentu sama dengan pola asuh yang diterapkan sahabat atau kerabat Anda. Jadi, pilih yang betul-betul cocok untuk keluarga Anda.

  1. Lihat ke depan, bukan ke belakang

Begitu test pack menunjukkan dua garis biru, maka hidup Anda akan berubah. Banyak orang akan ‘menakuti-nakuti’ Anda, bahwa kehamilan akan membuat Anda merindukan masa-masa santai saat masih bisa minum alkohol atau party sampai malam. Tak perlu dengar omongan yang malah akan membuat Anda sedih. Agar Anda tetap bahagia, ingatlah bahwa kelahiran Si Bayi akan menyempurnakan hidup Anda sebagai seorang wanita. (Lenny Delima/ Photo : Istockphoto.com)

 

 

 

Shares