Mind

Insomnia Ketika Hamil? Ini 5 Tip Atasinya

By  | 

Jika Anda memiliki masalah tidur, maka bisa dibilang Anda mengalami insomnia. Dalam kehamilan, Anda disebut mengalami insomnia bila Anda sulit untuk tidur atau sering terbangun di malam hari dan sulit untuk tidur nyenyak kembali. Ini pasti tak menyenangkan ya, Mam? Tenang, berikut 5 cara mengatasi insomnia. Dicoba yuk!

  1. Masuk kamar saat sudah mengantuk. Terlalu lama rebahan di tempat tidur justru bisa membuat Anda malah jadi susah terlelap, lho. Jadi, pastikan Anda masuk ke kamar ketika Anda merasa betul-betul sudah sangat mengantuk. Hindari mengonsumsi kafein setelah pukul 17.00, hindari berolahraga sore, dan jangan mendiskusikan hal yang berat bersama pasangan di atas ranjang. Hal-hal inilah yang dapat memicu terjadinya insomnia.
  2. Minum segelas susu hangat. Tip satu ini mungkin sudah pernah Anda dengar ya? Trik lawas ini masih berlaku untuk Anda yang tengah hamil, Mam. Bila Anda kurang suka susu khusus ibu hamil, tak mengapa juga jika Anda minum segelas susu UHT yang telah dihangatkan. Susu hangat akan membantu Anda untuk relaks dan jadi ingin tidur.
  3. Membaca buku atau majalah. Apa buku atau majalah kesukaan Anda? Membaca informasi mengenai berbagai hal yang menjadi minat Anda, tak hanya membuat pengetahuan Anda bertambah tapi juga berangsur-angsur bisa membuat Anda jadi mengantuk. Tapi awas, jangan sampai salah memilih buku bacaan ya, Mam. Hindari membaca novel misteri atau horor yang mungkin malah membuat Anda ingin membaca terus karena penasaran atau justru ketakutan dan jadi sulit tidur.
  4. Mandi air hangat. Menyiram tubuh atau berendam di air hangat sebelum tidur akan membuat Anda relaks, sehingga tubuh perlahan-lahan akan ‘melemah’ dan Anda pun akan mengantuk.
  5. Bangun sebentar. Ketika semua tip ini gagal, tak usah memaksa diri untuk terus tidur. Bangun, lalu coba untuk ganti posisi tidur, entah masih di kamar Anda atau pindah ke sofa di ruang tamu. Biasanya dalam 30-60 menit kemudian, Anda akan kembali tertidur. Have a quality sleep, Mam. (Lenny Delima/ Photo : Istockphoto.com)

 

 

Shares