Health

Tip Atasi Flu Saat Hamil

By  | 

Salah satu penyakit yang umum dialami oleh banyak orang adalah flu. Ibu hamil pun termasuk rentan terhadap penyakit satu ini. Namun karena daya tahan tubuh Anda lebih lemah ketika mengandung, maka jika tidak segera disembuhkan, flu bisa mengakibatkan masalah serius seperti kelahiran prematur, lho, Mamas.

Jika Anda mengalami radang tenggorokan, demam, batuk, hidung berair, sakit kepala, lelah, otot terasa linu, hingga muntah atau diare, itu pertanda Anda sudah terserang flu. Jangan anggap remeh ya, segera atasi flu dengan tip Smart Mama berikut :

  1. Obati demam segera dengan mengonsumsi acetaminophen yang aman untuk ibu hamil.
  2. Minum banyak cairan, minimal 2 liter perhari.
  3. Kurangi aktivitas dengan memperbanyak waktu istirahat/ tidur Anda.
  4. Jika dalam waktu 2 x 24 jam, Anda merasa belum ada perubahan berarti, segera temui dokter Anda. Biasanya dokter akan memberikan resep obat flu yang sudah pasti aman untuk Anda dan Si Janin.

Sebetulnya, seperti semua penyakit lainnya, lebih baik mencegah daripada mengobati. Apalagi untuk flu yang relatif sangat cepat penularannya. Beberapa hal yang juga bisa Anda lakukan untuk ‘membentengi’ diri dari serangan virus influenza ini adalah :

  1. Minta dokter Anda untuk menyuntikkan vaksin flu yang aman untuk ibu hamil. Vaksin ini tidak hanya meminimalisasi Anda dari serangan flu sepanjang kehamilan, tapi juga bisa melindungi bayi Anda dari flu hingga usianya 6 bulan..
  2. Cuci tangan Anda sesering mungkin, khususnya sebelum makan, setelah bersin, dan setelah selesai menggunakan toilet. Gunakan sabun antibakteri saat mencuci tangan dan basuh tangan dengan sabun setidaknya 20 detik lalu bilas dengan air mengalir yang bersih. Bila tidak ada air bersih, gunakan hand sanitizers yang mengandung minimal 60 % alkohol.
  3. Bila Anda batuk atau bersin, jangan menutupnya dengan tangan karena virus dapat mudah menyebar melalui tangan Anda. Tutupi mulut dan hidung dengan tisu dan segera buang tisu tersebut di tempat sampah setelah Anda bersin atau batuk.
  4. Jauhkan diri Anda dari orang yang terkena flu, sekalipun itu suami Anda sendiri ya, Mamas. (Lenny Delima/ Photo : Istockphoto.com)

 

Shares