Mind

Facts: 50-70 Persen Mama di Indonesia Alami Gejala Baby Blues

By  | 

Sebuah penelitian nasional menunjukkan 50-70 persen mama di Indonesia mengalami gejala baby blues. Angka ini tertinggi ketiga di Asia. Tak heran bila kasus bunuh diri dan angka stunting meningkat.

“Hal ini tak bisa dipisahkan dari rendahnya support system untuk calon mama dan breastfeeding mama,“ ujar Ketua Komunitas perempuan dari Wanita Indonesia Keren (WIK) dan psikolog, Maria Ekowati.

Support system yang seharusnya bisa didapat para mama dari orang terdekat seperti pasangan dan keluarga, nyatanya masih sangat minim didapatkan.
Mom Uung sebagai brand pemerhati mama dan anak, ingin turut memberi solusi dengan menghadirkan beragam fasilitas konsultasi hingga roadshow yang dilaksanakan pada hari Minggu, 10 Desember 2023 lalu.

Roadshow hari ini juga jadi reminder ya untuk mama-mama, apapun yang sedang dihadapi selama menjalani peran sebagai mama, selalu ingat, bahwa kalian tidak sendiri. Ada Mom Uung yang siap support kalian, termasuk dengan adanya roadshow kali ini ya untuk para Mams, kita ingin hadir di tiap kota di Indonesia, dan bersama-sama terus berproses melewati hari-hari baru, menjadi mama” Jelas Uung Victoria Finky saat memberi sambutan di awal roadshow.

Siap jadi support system utama dan garda terdepan untuk calon mama dan breastfeeding mama di Indonesia, Mom Uung menggelar roadshow menyusui yang kali ini merupakan event puncak dan terbesar. Setelah sebelumnya mengadakan event roadshow-nya di beberapa Kota, antara lain; Jakarta, Surabaya, Yogyakarta. Kini, puncak acara roadshow kembali dilaksanakan di Jakarta. Acara puncak ini terselenggara di Ballroom Ritz Carlton Pacific Place, dengan total 1200 peserta. Peserta yang hadir merupakan masyarakat umum, khususnya para mama yang sedang dan akan menyusui.

Pada roadshow ini, sesi konsultasi diharapkan dapat memberikan support kepada para mams di Indonesia. Mom Uung telah menciptakan ragam pelayanan konsultasi gratis. Mulai dari konsultasi menyusui online yang bisa dilakukan 24 jam, konsultasi offline di Breastfeeding Home Mom Uung, hingga konsultasi menyusui home visit yang semua diberikan secara gratis oleh breastfeeding mama. Hingga saat ini jumlah Konsultasi di Mom Uung mencapai angka 1.000.000 di tahun 2023 dan akan terus bertambah.

Mom Uung juga memberi bekal pengetahuan seputar menyusui, lewat kerjasama dengan 5 dokter ahli laktasi, yang membawahi Tim Konsultasi, memberikan materi edukasi menyusui dan webinar di setiap bulannya. Termasuk dalam acara roadshow puncaknya kali ini, materi workshop sukses menyusui hingga 2 tahun disampaikan oleh dr. Natasya Ayu Andamari, Sp.A, CIMI, yang merupakan salah satu medical educator Mom Uung, dan beragam acara lainnya yang dibintangi oleh deretan artis ternama.


Tak hanya mendapatkan materi seputar menyusui, peserta roadshow juga mendapatkan rangkaian acara lain yakni; Talkshow papa ASI, yang diceritakan langsung oleh Raffi Ahmad, Pre-release lagu yang disampaikan oleh Lesti Kejora.
Acara semakin meriah dengan deretan kuis, hadiah langsung, doorprize motor, belanja di booth brand partner dengan jutaan voucher diskon, dan kejutan seru lainnya. Selain itu, selama acara berlangsung, peserta juga bisa melakukan konsultasi menyusui di laktasi area, sehingga proses menyusui selama acara berjalan tetap lancar.

Yang menarik lagi dalam rangkaian acara ini, Mom Uung juga memberikan bingkisan goodie bag yang memiliki value senilai 1,5 juta. Isinya sendiri berupa produk Mom Uung untuk melancarkan proses menyusui, dan produk-produk dari brand partner yang ikut serta dalam acara ini. “Senang sekali, tak hanya mendapatkan materi, tapi juga banyak dapat banyak oleh-oleh dari Mom Uung. Intinya dari acara ini, aku sebagai mama juga makin semangat menyusuinya, semakin ingin belajar hal baru terus, biar bisa lulus ASI. Pokoknya ngerasa terbantu banget dengan acara-acara ataupun kegiatan yang diberikan gratis oleh mom uung” cerita Vivin, salah satu peserta roadshow menyusui.

“Semua acara dan benefit yang peserta dapatkan hari ini, diberikan gratis 100%, agar para mams happy dan tak ada alasan untuk tidak menyusui lagi” jelas Uung Victoria Finky.

“Sudah dapat materi menyusui, sudah dapat motivasi dan support penuh dari Mom Uung, setelah ini mama-mama yang hadir di sini, Mom Uung titip, jangan sampai kebaikan menyusui berhenti di kalian, tolong support juga breastfeeding mama di lingkungan kalian, jadi kita bersama-sama bisa wujudkan lebih banyak mama sukses menyusui bahkan hingga 2 tahun ya!” Jelas Uung kembali.

Hal ini disampaikan karena Mom Uung ingin menjangkau lebih banyak mama menyusui supaya merasa semakin terbantu, dan semangat menyusui hingga 2 tahun. Karena, sampai hari ini, belum ada asupan pengganti yang lebih baik daripada ASI untuk bayi bahkan hingga 2 tahun.
Acara roadshow berlangsung meriah dari jam 9 pagi hingga 6 petang. Agar keseruan juga dapat dirasakan oleh mams lainnya, acara ini disiarkan juga secara langsung melalui Live Youtube di akun resmi YouTube Mom Uung.

Saat acara, Mom Uung juga mendapatkan penghargaan Rekor Muri, sebagai penyelenggara Tur Edukasi Menyusui Peserta Terbanyak dalam Waktu Satu Tahun. “Ini prestasi kalian, ini tidak akan Mom Uung dapatkan tanpa antusias belajarnya kalian” pesan Uung Victoria Finky saat selesai diberikan Rekor Muri. “Pokoknya, kalian tetap semangat menyusui. Tahun depan doakan juga biar Mom Uung bisa mengadakan acara buat breastfeeding mama dengan jumlah peserta yang lebih banyak lagi, jadi makin banyak yang bisa ikut, makin banyak yang semangat menyusui, bahkan bisa lulus ASI bersama-sama sampai 2 tahun” tambah Uung sebagai pengharapan untuk acara Mom Uung tahun depan. (Tammy Febriani/KR/Doc. Mom Uung)

Shares