Health

Ketahui Bahaya Ruam Popok pada Bayi dan Cara Mencegahnya

By  | 

Ketika lahir, kondisi kulit bayi belum berkembang sempurna sehingga berbagai keluhan terkait kulit akan sering dialami oleh Si Newborn.

Di usia ini kulitnya masih dilindungi oleh selimut pelindung lembut pertamanya yang disebut Vernix Caseosa atau lapisan keju. Lapisan berwarna putih ini ternyata merupakan pelembab alami untuk melindungi kulit bayi dari infeksi.

Fakta lain menyebutkan bahwa kulit bayi baru lahir sepertiga kali lebih tipis dari kulit orang dewasa, sehingga sangat sensitif dan rentan teriritasi. Itu sebabnya, penting memilih produk yang tepat, aman dan terpercaya untuk Si Kecil. Terlebih produk yang berhubungan langsung dengan kulit bayi, seperti tisu basah dan popok sekali pakai atau diaper.

Berdasarkan data epidemiologi, secara global, prevalensi iritasi kulit akibat ruam popok atau diaper rash mencapai 16-65% lho. Adapun kasus tertinggi biasanya terjadi pada bayi usia 6-12 bulan.

dr. Ferdy Limawal, SpA, Dokter Spesialis Anak menerangkan, “Kulit bayi itu lapisannya masih sangat tipis, jadi wajar kalau rentan iritasi. Salah satu gangguan kulit yang sering terjadi pada bayi adalah ruam popok.”

Ruam popok terjadi pada Si Kecil bukan tanpa alasan ya Mams, penyebabnya biasanya karena terlalu lama terpapar feses/urine. “Selain itu bisa jadi karena popok atau diaper yang digunakan bayi bahannya kurang lembut atau bahkan mengandung zat kimia berbahaya seperti pemutih dan pewangi,” jelas dr. Ferdy.

Meski ruam popok merupakan kasus yang umum terjadi dan tidak mengancam jiwa, tapi tetap harus segera diatasi dan diketahui penyebabnya, karena bila diabaikan, ruam popok dapat menimbulkan infeksi.

“Infeksinya itu bisa menimbulkan luka disekitar lipatan paha dan bokong. Akibatnya bayi akan terus rewel karena merasa tidak nyaman. Nah, kalau terus-terusan rewel, tumbuh kembang Si Kecil bisa terganggu,” urai dokter Ferdy.

Solusi Ruam Popok

Berangkat dari masalah tersebut, dokter Ferdy menyarankan untuk memilih popok atau diaper bayi yang bebas dari bahan kimia berbahaya. Kemudian jika sering menggunakan tisu basah untuk membersihkan kulit bayi, baik saat mengganti popok atau membersihkan tangan dan mulutnya sesudah makan, maka pastikan juga tisu basah yang digunakan terbuat dari bahan yang aman dan bebas pewangi.

“Intinya, pastikan semua produk yang bersentuhan dengan kulit bayi itu aman alias bebas dari bahan kimia berbahaya, terutama bebas dari chlorine atau pemutih, yang dalam jangka waktu panjang bisa memicu timbulnya kanker. Akan lebih baik lagi jika produk yang dipilih terbuat dari bahan organik,” tegas dokter Ferdy lagi.

Produk Bayi Premium Organik

Dari penjelasan tersebut, timbul pertanyaan, adakah popok atau diaper bayi dan tisu basah berbahan organik yang bebas dari bahan kimia berbahaya di pasaran Indonesia? Memang, saat ini tidak sedikit diaper dan tisu basah di pasaran yang mengklaim terbuat dari bahan organik, namun nyatanya belum bersertifikat resmi. Hal tersebut tentu dapat menjadi trust issue tersendiri bagi para Mamas yang selalu berusaha memberikan yang terbaik bagi buah hatinya.

Tapi tenang saja Mams, kabar baiknya dalam waktu dekat akan hadir di Indonesia diaper dan tisu basah premium organik asal Australia dengan merek Offspring. Semua produk Offspring, termasuk diaper dan tisu basahnya memang benar-benar terbuat dari bahan organik tanpa adanya campuran bahan kimia. Hal tersebut dapat dibuktikan dengan diberikannya sertifikat resmi untuk Offspring dari Cosmos Organic, sebuah lembaga internasional yang paling terpercaya kredibilitasnya dalam sertifikasi produk organik, Australian Certified Toxic Free, Australian Allergy Certified, Pediatrician Approved, sampai Dermatest Certified dengan rating yang sangat baik. Itu artinya produk Offspring telah di uji secara klinis di bawah pengawasan dokter anak dan dinyatakan sangat aman, bahkan untuk kulit bayi yang paling sensitif sekalipun. Karenanya jangan heran jika produk ini selalu direkomendasikan oleh para dokter anak dari seluruh dunia.

Di samping terbuat dari bahan organik, diaper dan tisu basah Offspring juga dipastikan tidak mengandung pemutih maupun pewangi. Sebab bagi Offspring, kenyamanan dan keamanan Si Kecil adalah yang utama. Desainnya yang menarik juga mampu membuat Si Kecil tampil lebih menggemaskan.

Nantikan peluncuran perdana Offspring di Jakarta, tanggal 7 September 2023 ya, Mams! Jadi, Mamas tak lagi kesulitan untuk mendapatkan produk Offspring yang sebelumnya hanya bisa dibeli di Singapura (selain Australia).

Nah, bagi Mamas yang ingin ikut serta meramaikan acara peluncurannya, yuk daftar di https://offspringinc.co.id/register. Nantinya akan dipilih 5 orang mama untuk menyaksikan peluncuran Offspring secara resmi di Indonesia. (Tammy Febriani/KR/Photo: Doc. Offspring)

Shares