Interior Design

Ciptakan Nuansa Hunian Elegan untuk Sambut Hari Kemenangan

By  | 

Mams, setelah beberapa tahun mengalami pandemi, di tahun ini akhirnya kita bisa kembali melakukan tradisi Ramadan & Hari Raya, seperti buka bersama, mudik ke kampung halaman, dan bersilaturahmi dari rumah ke rumah. Tak pelak tradisi ini pun menimbulkan semangat baru. Semangat menyambut handai taulan, sanak saudara, untuk kembali berkumpul dalam suasana nan hangat. Kehangatan suasana yang didukung dengan dekorasi rumah yang tepat tentunya akan membawa nuansa yang tak terlupakan.

Semangat merayakan era baru ini tertuang dalam Tren Warna Ramadan yang diusung oleh Nippon Paint, brand cat nomor satu di Asia Pasifik. Berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya yang begitu populer dengan warna Hijau Bolu Pandan, Hijau Klepon, atau Hijau Telur Asin, kali ini brand cat asal Jepang ini menghadirkan 3 Tema dari 11 Warna Ramadan 2023. 

Dalam acara Media Gathering Tren Warna Ramadan 2023, Ramadan Lebih Berwarna, di Jakarta, Jumat 31 Maret 2023, Senior Marketing Manager Nippon Paint Indonesia mengatakan, “Nippon Paint telah meluncurkan Tren Warna Ramadan sejak tahun 2018. Dalam kurun waktu lima tahun terakhir ini, Tren Warna Ramadan dari Nippon Paint hadirkan nuansa tradisional, yaitu warna hijau. Seperti warna Hijau Telur Asin di tahun 2018/19, Hijau Bolu Pandan di tahun 2020/21, dan Hijau Klepon pada tahun 2022 lalu. Pada tahun 2023 ini, Nippon Paint merayakan Ramadan lebih berwarna namun tetap elegan dengan 11 warna dalam 3 tema.”

Tiga tema warna tersebut yaitu:

Tema 1 – Monokrom dengan Brilliant White 1001 sebagai warna utama

Tema 2 – Warm dengan Warm Toast NP YO 1173P sebagai warna utama

Tema 3 – Tropical dengan Green Gauze NP BGG 1619T sebagai warna utama

Lebih lanjut Linda memaparkan bahwa penentuan Tren Warna Ramadan dari Nippon Paint ini adalah berdasarkan survei independen Nippon Paint dengan 2000 lebih SPG/B Nippon Paint dan basis data warna dari 4000 lebih Colour Creation Machine yang telah tersebar di toko bangunan seluruh Indonesia. “Jadi Tren Warna Ramadan dari Nippon Paint ini dapat ditemukan di mana pun dengan garansi warna 100% Akurat & Konsisten,” tandasnya.

Sementara itu dalam kesempatan yang sama, Keneth Sandy, Creative Director KenethSandy Studio, Interior Architect Consultant, menerangkan tentang tren warna cat di masa new normal era ini. “Memasuki new normal era pemilihan warna yang bersih, sejuk yang mudah untuk diterima oleh mata dan mampu menampilkan kesan elegan atau premium menjadi pilihan warna saat ini. Di Indonesia sendiri, warna-warna yang digemari adalah warna-warna pastel, earth tone, serta warna monochrome masih menjadi tren dan digemari,” imbuhnya.

Keneth adalah seorang Arsitek dan Desainer Interior dengan pengalaman lebih dari lima belas tahun dan telah banyak merancang rumah-rumah artis Indonesia. Menurutnya, Tren Warna Ramadan Nippon Paint setiap tahunnya selalu menginspirasi. Termasuk Tren Warna Ramadan di 2023 ini. “Warna yang dipilih di tahun ini mampu menjawab kebutuhan pasar di masa Ramadan new normal yang dapat memberikan efek psikologis yang bersih, intimate, dan ceria. Tiga tema Tren Warna Ramadan 2023 ini yaitu Monochrome, Warm dan Tropical dirasa mudah untuk diterima oleh mata dan mampu menampilkan kesan elegan atau premium,” urainya.

Untuk mendapatkan tampilan elegan pada rumah, Linda mengingatkan pentingnya pemilihan warna. Padu padan warna yang tepat dapat menghasilkan kesan elegan pada ruangan. Kesan tersebut yaitu pertama, dapat memberikan suasana baru dan sebuah identitas baru pada ruangan untuk memberikan kesan yang bersih, sehat, sejuk, positif, dan nyaman. Kedua, memberikan ilusi pada ruangan sehingga tampak lebih luas, tinggi, dan dapat sebagai pemisah atau pembentuk dari ruangan tersebut. Ketiga, penerapan warna aksen pada ruangan dapat mempertegas dan meningkatkan estetika dari ruangan tersebut.

Turut hadir dalam acara tersebut Zata Ligouw, seorang Content Creator yang kerap melakukan makeover sudut-sudut ruangan di rumahnya. 

“Tahun lalu saya banyak menggunakan warna terang dan mencolok untuk hadirkan suasana yang ceria dan bersemangat. Tapi sekarang, ada sedikit pergeseran konsep rumah, karena semenjak pandemi lalu saya jadi semakin sadar bahwa hunian menjadi kebutuhan utama penghuninya yang dapat berpengaruh pada kesehatan dan kreativitas penghuninya. Maka dari itu, sekarang saya mulai mengubah konsep rumah agar lebih bersih dan sejuk dengan menghadirkan warna-warna dengan kesan lembut serta mampu menampilkan kesan premium pada bangunan,” ungkapnya.

Tak hanya pilihan warna Ramadan, Nippon Paint juga telah menyediakan berbagai produk & service premium yang telah siap digunakan, merupakan bagian komitmen Nippon Paint sebagai BEYOND COATINGS – lebih dari sekedar pengecatan. Salah satunya yaitu melalui Colour Sceheme Service, layanan konsultasi gratis bersama desainer interior profesional Nippon Paint untuk memvisualisasikan warna cat pada bangunan, dengan tiga alternatif kombinasi warna dan rekomendasi produk.

Selain warna dan layanan, Nippon Paint juga hadirkan 6 produk premium seperti Nippon Weatherbond Solareflect, Nippon Satin-Glo, Nippon Spot-Less Plus, Nippon Spot-Less, Nippon Flaw-Less dan Nippon Bee Brand 1000 yang dapat digunakan sebagai referensi untuk diaplikasikan pada ruangan atau bangunan yang ingin dilakukan pengecatan. 

Untuk mendapatkan inspirasi-inspirasi lain guna menciptakan nuansa elegan sambut hari kemenangan dengan mengulik Tren Warna Ramadan 2023, dapat mengunjungi website: www.ramadan.nipponpaint.id atau bisa Google Search dengan kata kunci; Tren Warna Ramadan.  Bersama Nippon Paint, #RamadanLebihBerwarna. 

Yuk Mams, Hari Raya kali ini saatnya untuk mengubah hunian kita menjadi lebih fresh, cerah, serta nyaman bersilaturahmi. (Karmenita Ridwan/Photo: Nippon Paint)

Shares