Health

Kenali Perbedaan Gagging dan Choking, Serta Bahayanya Bagi Si Kecil

By  | 

Mendapati Si Kecil yang tersedak saat sedang makan atau menyusu tentu membuat kita panik dan khawatir karena bisa berbahaya bagi Si Kecil bila tidak segera ditangani.

Saat tersedak, sebagian atau seluruh saluran pernapasan Si Kecil tersumbat, sehingga ia sulit bernapas. Tentunya kondisi ini bisa membahayakan nyawanya. Karena itu, tindakan yang tepat sangat penting untuk dilakukan untuk menangani tersedak.

Ada dua istilah tersedak yang perlu Mams ketahui, yaitu gagging dan choking. Ketahui bedanya untuk mengetahui bagaimana penanganan yang tepat!   

Gagging pada Si Kecil

Menurit Baby Center, gagging merupakan refleks muntah Si Kecil yang terjadi ketika makanan atau benda lain terlalu dekat dengan saluran udara mereka. Biasanya ia akan mengeluarkan suara batuk atau membuka mulutnya disertai lidahnya yang akan terjulur keluar seperti ingin muntah. Wajahnya pun akan tampak memerah dan matanya menjadi berair.

Dalam kondisi seperti ini, Mams tak perlu khawatir. Beri waktu untuk Si Kecil mengatasi sendiri kondisi ini. Biarkan ia menelan atau memuntahkan sendiri makanannya.

Choking pada Si Kecil

Berbeda dengan gagging, choking bisa sangat berbahaya bagi Si Kecil. Choking merupakan kondisi ketika saluran udara Si Kecil tersumbat dan ia mengalami kesulitan bernapas. Menurut Parenting Expert Sharon Mazel, saat mengalami hal ini, Si Kecil tidak mengeluarkan suara apapun atau mengeluarkan suara seperti tercekik.

Ketika hal ini terjadi pada Si Kecil, kemungkinan pandangan matanya menjadi kosong serta terlihat panik. Warna kulit dan/atau bibir Si Kecil juga akan berubah menjadi kebiruan atau ungu. Saat Si Kecil mengalami choking, Mams harus sesegera mungkin melakukan pertolongan pertama! Salah satu cara yang bisa Mams lakukan adalah dengan memposisikan kepala Si Kecil lebih rendah dan kaki lebih tinggi pada posisi tengkurap. Lalu tepuk-tepuk pelan bagian punggung atas Si Kecil hingga benda yang menyumbat saluran pernapasannya keluar.

Bila Mams belum memahami bagaimana cara menangani pertolongan pertama pada bayi tersedak, hindari panik dan segera bawa Si Kecil ke tenaga kesehatan terdekat. (Tammy Febriani/KR/Photo: Doc. iStockphoto)

Shares