Finance

Ask the Expert: Trik Konsisten Menjaga Cashflow

By  | 

Dear SmartMama,

Dalam hal keuangan keluarga, saya dan suami sudah membagi pemasukan dalam berbagai kategori setiap bulannya dan berusaha menjaga cashflow dengan baik. Namun sayangnya setiap bulan ada saja pengeluaran yang tak terduga. Bagaimana triknya agar kita bisa konsisten dengan cashflow yang sudah dibuat?

Rina

Dear Mam Rina,

Kami sangat paham bahwa mengatur cashflow bukanlah hal yang mudah. Banyak tantangan dan juga godaan yang ‘memaksa’ kita untuk mengeluarkan dana ekstra untuk hal-hal yang sebenarnya tidak atau mungkin belum terlalu diperlukan.

Financial Planner Nadia Harsya CFP® mengatakan bahwa pengeluaran tak terduga sebenarnya bisa Mams ambil dari dana darurat.

“Pengeluaran tak terduga seharusnya dapat ditutup dengan dana darurat. Namun sebaiknya Mams cek lagi, apabila pengeluaran tak terduga tersebut berlangsung setiap bulan, maka seharusnya pengeluaran tersebut sudah bisa diduga ya, Mams,” ujar Nadya di sela-sela Kulwap “Cara Efektif Meraih Kemerdekaan Finansial” beberapa waktu lalu.

“Saran saya, coba Mams catat setiap bulan pengeluaran tak terduganya apa saja dan tiap bulan kira-kira kisarannya berapa? Nah, dari situ Mams bisa sediakan budget-nya supaya tabungan tidak terus menerus tergerus,” lanjutnya.

Dari saran Nadia di atas, maka bisa kita pahami bahwa penggunaan dana darurat sebaiknya hanya dilakukan untuk hal-hal yang memang benar-benar darurat ya, Mams. (Tammy Febriani/KR/Photo: Doc. iStockphoto.com)

Shares