Parenting

Manfaat Bermain Bricks Bagi Si Kecil

By  | 

Bermain merupakan bagian integral dalam perkembangan anak di segala usia. Diantara berbagai permainan, Mams dapat mengenalkan permainan balok bangunan (bricks) pada Si Kecil.

Menurut hasil laporan Play Well 2022 yang dilakukan oleh The LEGO® Group mengungkapkan bahwa 9 dari 10 (88%) orangtua berpendapat bahwa bermain itu penting dalam membantu anak-anak mempelajari hal-hal baru, yang hampir sama pentingnya dengan peran sekolah.

Hampir semua orang tua yang mengikuti survei percaya bahwa bermain dapat membantu anak mereka mengembangkan keterampilan yang penting untuk kesuksesan dan kesejahteraan masa depan mereka, seperti kreativitas (93%), komunikasi (92%), pemecahan masalah (92%) atau kepercayaan diri (91%).

Selain temuan dari laporan tersebut, melalui permainan bricks, orangtua juga mengakui bahwa permainan ini dapat membantu mengembangkan keterampilan emosional, fisik, sosial dan kognitif anak-anak mereka, termasuk berkolaborasi dengan orang lain (89%), belajar dari kesalahan (89%), keterampilan STEM (80%), dan lainnya. Anak-anak menyukai dan 97% anak menganggapnya menyenangkan dan membuat mereka bahagia (96%).

Lalu sejak usia berapa permainan bricks dapat diperkenalkan kepada Si Kecil? Psikolog anak dan pendiri Northern & Hawthorn Centre for Child Development yang berbasis di Melbourne, Amanda Abel, mengatakan bahwa Mams dapat mulai mengenalkan Si Kecil dengan permainan bricks sejak usia 18 bulan ke atas.

Ada beberapa macam permainan bricks yang bisa Mams sesuaikan dengan usia Si Kecil. Untuk Si Kecil yang berusia 18 bulan, Mams bisa memilih bricks dengan ukuran yang lebih besar. Panduan usia biasanya tertera pada kemasan.


Virtual LEGO DUPLO Academy bersama Amanda Abel.

“Bermain bricks akan membantu mengembangkan keterampilan hidup yang penting seperti membangun kepercayaan diri, ekspresi diri, dan ketahanan,” jelas Amanda di sela-sela cara Virtual LEGO DUPLO Academy beberapa waktu lalu.

Warna-warna cerah dan blok bangunan dengan ukuran yang lebih besar selain mudah dimainkan juga dapat membantu Si Kecil belajar sambil bermain saat mereka menyusun berbagai bangunan seperti lumbung dan sekolah, memainkan kereta atau mobil balap di trek atau bahkan saat membuat taman hiburan, peternakan dan lokasi konstruksi dengan berbagai hewan dan berbagai mini figures. (Tammy Febriani/KR/Photo: Doc. LEGO)

Shares