Health

Mengenal Diabetes dan Cara Mencegahnya

By  | 

Penyakit diabetes bukanlah penyakit ringan yang bisa kita anggap sepele ya, Mams. International Diabetes Foundation (IDF) memperkirakan jumlah penderita diabetes di Indonesia akan menyentuh angka 30 juta orang dalam waktu 25 tahun kedepan (tahun 2045).

Jumlah tadi meningkat hampir 50% ketimbang data tahun 2021 dimana penderita diabetes di Indonesia menyentuh angka 19 juta orang. Perlu dicatat, pada tahun 2021, angka kematian akibat komplikasi diabetes di Indonesia berjumlah 236 ribu, bukan sebuah angka yang sedikit! Jumlah ini tercatat mengalami kenaikan sebesar 50% dibanding tahun 2011. Hanya dalam kurun waktu 10 tahun, angka kematian akibat diabetes bertambah sangat pesat.

Diabetes merupakan penyakit kronis yang ditandai dengan ciri-ciri berupa tingginya kadar gula darah. Kadar gula (glukosa) merupakan sumber energi utama bagi sel tubuh kita. Glukosa yang menumpuk di dalam darah akibat tidak diserap sel tubuh dengan baik akibatnya dapat menimbulkan berbagai gangguan organ tubuh. Oleh karena itu, jika diabetes tidak dikontrol dengan baik, dapat berisiko menimbulkan berbagai komplikasi yang dapat membahayakan nyawa.

Jenis Diabetes

Diabetes dibedakan menjadi dua jenis, yaitu diabetes tipe 1 dan tipe 2. Pada penyakit diabetes tipe 1 atau juga dikenal diabetes autoimun, sistem kekebalan tubuh penderita menyerang dan menghancurkan sel-sel pankreas yang memproduksi insulin. Kondisi ini mengakibatkan peningkatan kadar glukosa darah, sehingga terjadi kerusakan pada organ-organ tubuh. Penyebabnya belum diketahui pasti, namun faktor genetik dan faktor lingkungan dikatakan turut mempengaruhi.

Selanjutnya adalah diabetes tipe 2. Diabetes jenis ini disebabkan oleh sel-sel tubuh yang kurang sensitif terhadap insulin, akibatnya insulin yang dihasilkan tubuh tidak dapat dipergunakan dengan baik (resistensi sel tubuh terhadap insulin). Data menunjukkan bahwa sekitar 90-95% persen penderita diabetes di dunia menderita diabetes tipe 2.

Mengenali Gejala Diabetes

Perlu Mams ketahui, diabetes tipe 1 dapat berkembang dengan sangat cepat. Dalam kurun waktu beberapa minggu atau bahkan beberapa hari saja lho, Mams!

Berbeda dengan diabetes tipe 1, pada diabetes tipe 2, banyak penderitanya yang tidak menyadari kondisi mereka selama bertahun-tahun. Hal ini karena gejala diabetes tipe 2 cenderung tidak spesifik. Walau begitu, Mams dapat mengenali beberapa ciri-ciri diabetes tipe 1 dan tipe 2, yaitu:

*Sering merasa haus ataupun sangat lapar.

*Berat badan tanpa sebab yang jelas.

*Lemas.

*Pandangan kabur.

*Saat mengalami luka yang sulit sembuh.

*Sering mengalami infeksi, misalnya pada gusi, kulit, vagina, atau saluran kemih.

*Mulut kering.

*Rasa terbakar, kaku, dan nyeri pada kaki.

*Gatal-gatal.

*Sering buang air kecil, terutama di malam hari.

*Munculnya bercak-bercak hitam di sekitar leher, ketiak, dan selangkangan.

*Berkurangnya massa otot.

* Disfungsi ereksi atau impotensi.

Sopalpha

Tetapi, Mams tidak perlu khawatir lagi. Meski diabetes memang tidak boleh disepelekan, tapi kita tidak boleh takut menghadapinya! Menjalani pola makan sehat dan bergizi seimbang bisa jadi salah satu pencegahannya. Apalagi, sekarang sudah ada Sopalpha dari BioAlpha! Sopalpha adalah suplemen kesehatan masa depan dengan bahan utama yang diformulasikan langsung dari Jepang!

Sopalpha bekerja dengan merangsang hormon IGF (insulin like growth hormon), yang membantu memperbaiki kinerja insulin dalam tubuh. Insulin berfungsi untuk mengantar glukosa dari makanan menuju sel tubuh untuk diubah menjadi energi, sehingga glukosa tidak menumpuk di darah menjadi gula darah (diabetes).

Tentunya kita tidak ingin menjadi salah satu dari 30 juta orang di Indonesia yang “diproyeksi” mengidap penyakit diabetes, kan Mams? Sopalpha bisa menjadi langkah awal yang bisa Mams pilih untuk memulai hidup sehat. 

Jangan lupa konsumsi dua sachet Sopalpha setiap hari, diimbangi dengan gaya hidup aktif, dan pola makan yang baik. Informasi lebih lanjut mengenai Sopalpha bisa langsung Mams dapatkan di Instagram @bioalphaofficial, dan website sopalpha.co.id. (Tammy Febriani/KR/Photo: Doc. iStockphoto, Sopalpha)

Shares