Education

Zenius Ajak Anak Belajar Seru Dengan Menonton “Cerita Tiga Sekawan”

By  | 

Menurut penelitian dari Neurosensum Indonesia pada Februari 2021, 87% anak-anak Indonesia sudah akrab dengan dunia media sosial sebelum menginjak usia 13 tahun – dan platform media sosial yang paling banyak digunakan adalah Youtube (78%). Anak-anak menghabiskan waktu dari 2,4 jam sampai 3,3 jam sehari di media sosial, entah itu untuk bermain gim dan chatting (65%), belajar daring (48%), ataupun menonton konten film/serial (42%).

Tak hanya itu, dari penelitian yang sama, sekitar 98% orangtua lebih khawatir terhadap tontonan negatif yang berdampak buruk pada anak-anak mereka. Bagaimana dengan Mams? Apakah mengalami hal yang serupa?

Menyadari tren ini, Zenius sebagai salah satu pionir edtech di Indonesia yang memberikan solusi belajar online dan berfokus pada pemahaman konsep dan penalaran ilmiah, berinisiatif untuk meluncurkan web series. Peluncuran serial web dari Zenius dirancang dengan format yang tepat untuk menyesuaikan dengan kebutuhan dan tren gaya hidup anak di era pandemi.

Berjudul“Cerita Tiga Sekawan”,web series ini dibuat untuk menambah semangat eksplorasi belajar Si Kecil dengan mengenalkan karakter animasi lucu yang membuat kegiatan belajar semakin berwarna dan menyenangkan.

Dengan serial ini, Si Kecil dapat memulai petualangan dalam mengejar ilmu pengetahuan bersama Tiga Sekawan, yang mewakili nilai-nilai karakter anak yang perlu digali sejak dini; Gika untuk kemampuan logika, Maji untuk imajinasi, dan Aksa untuk literasi. Sehingga, kita sebagai orangtua pun bisa merasa lebih tenang karena konten video tersebut, yang tidak hanya menyuguhkan sisi edukatif, tapi juga nilai-nilai sosial yang positif.

Pemilihan kanal pemutaran video Cerita Tiga Sekawan ini pun dirancang dengan menyesuaikan platform yang populer di kalangan usia Si Kecil agar bisa diakses oleh sebanyak mungkin anak dari berbagai daerah di Indonesia.

Episode pertama dari Cerita Tiga Sekawan telah tayang di platform Youtube sejak tanggal 8 Oktober lalu. Hingga saat ini, sudah ada delapan video teaser dan tiga episode yang diunggah di kanal Youtube ZenOrtu dengan masing-masing episode berdurasi sekitar 10 menit.

Seri video Tiga Sekawan ini bercerita tentang tiga anak bernama Gika, Aksa, dan Majiyang memiliki cara berpikir, pengetahuan, dan humanisme yang unggul. Mereka bermain dan belajar bersama, dan saling melengkapi untuk membantu memecahkan masalah sehari-hari. Sering kali, mereka berhadapan dengan karakter lain bernama Olis dan Galah yang memiliki karakter sangat berbeda dari mereka.

Interaksi dinamis yang terjadi di antara para karakter memberikan kesempatan belajar yang sangat baik untuk anak berusia 7-12 tahun. Sehari-hari, mereka juga bersinggungan dengan warga kota lain, yang lewat interaksinya, membantu mereka belajar lebih banyak tentang dunia. Menggunakan kemampuan ilmu pengetahuan masing-masing, ketiga anak ini bekerja sama untuk memahami, memecahkan masalah, dan membantu banyak orang di manapun mereka berada. Diharapkan, web series ini dapat membantu anak-anak mengembangkan kemampuan pragmatis dan sosial mereka.

“Cerita Tiga Sekawan berangkat dari potongan kehidupan di dunia anak-anak. Setiap episodenya menggambarkan kehidupan sehari-hari dengan berbagai hal menarik yang menyertainya. Seluruh tayangan di ZeniusLand akan fokus dalam menyuguhkan nilai-nilai positif yang berbeda di setiap episodenya. Kami sengaja membuat angle cerita yang dekat dengan anak-anak, namun tetap memberikan nilai-nilai positif agar para penonton dapat belajar untuk berpikir kritis, memetakan dan menjawab masalah sehari-hari, serta membantu orang-orang di sekitar dengan bekal ilmu pengetahuan,” ungkap Sabda P. S., Chief Education Officer Zenius.

Bagi orangtua serta guru, kehadiran serial video ini tentu bisa memberikan alternatif materi belajar yang menyenangkan dan interaktif bagi si kecil. Pasalnya, selama pandemi berlangsung, Si Kecil semakin membutuhkan hiburan digital yang tidak hanya mengurangi rasa bosan, namun juga bisa menunjang pengembangan kognitif dan karakternya.

Selain web series, Zenius terlebih dahulu meluncurkan ZeniusLand, aplikasi yang dirancang khusus untuk anak usia 7-12 tahun sebagai arena belajar sambil bermain yang aman dan tepat. Materi yang ada di platform dilengkapi dengan kurikulum Zenius, video materi belajar yang disajikan dalam bentuk dongeng, hingga penjelasan konsep yang dipandu dengan karakter Tiga Sekawan dengan cara yang menyenangkan.

Pada tahap awal ini, ZeniusLand akan menghadirkan lebih dari 40 video pembelajaran, lebih dari 200 pertanyaan, dan lebih dari 40 materi pembelajaran interaktif untuk siswa kelas 4-6 SD. Platform ini telah tersedia di Android, dan akan segera tersedia di iOS, yang dapat diakses dengan skema berlangganan. Sangat menarik bukan, Mams?

Zenius app sudah tersedia dan dapat diunduh di Google Play dan di App Store ya, Mams. Dan untuk informasi lebih lanjut, Mams dapat mengunjungi https://www.zenius.net/. (Tammy Febriani/KR/Photo: Doc. Freepik, Zenius)

Shares