Parenting

Tips Agar Si Kecil Bisa ‘Lepas’ dari Diapers

By  | 

Kebiasaan Si Kecil dalam menggunakan diapers memang tak bisa tiba-tiba dihentikan begitu saja. Butuh waktu bagi Si Kecil untuk belajar dan beradaptasi.

Sebagian besar anak dapat melewati masa toilet training dan siap untuk berhenti menggunakan diapers antara usia 18 dan 30 bulan, tetapi ini tentu tidak berlaku untuk semua anak. Beberapa anak belum sepenuhnya lepas dari popok bahkan sampai usia 4 tahun!

Untuk melepas kebiasaan ini, Mamas dapat mulai melakukan beberapa hal dibawah ini:

1. Jangan biasakan

Semenjak Si Kecil berusia 18 bulan, sebaiknya gunakan diapers hanya sesekali saja. Misalnya, saat menghadiri acara penting atau ketika sedang melakukan perjalanan jauh, agar Si Kecil mulai terbiasa tidak menggunakan diapers.

2. Potty training

Idealnya pemakaian diapers hanya digunakan hingga anak mencapai usia 20 bulan dan setelah itu Mamas bisa mengajarkan potty training. Aajarkan Si Kecil menggunakan toilet untuk pertama kali, sehingga anak-anak tahu apa yang harus dilakukan ketika ingin BAB. Potty training akan lebih mudah dilakukan saat Si Kecil sudah mampu diajak berkomunikasi dengan baik.

3. Atur jadwal untuk buang air

Ketika akan pergi tidur, jangan lupa Mamas mengingatkan Si Kecil untuk segera buang air supaya tidak ngompol. Mamas juga bisa mengatur jadwal buang airnya secara berkala (misalnya setiap 2 jam sekali), sampai ia terbiasa melakukannya sendiri.

4. Gunakan perlak

Di awal berhenti menggunakan diapers biasanya Si Kecil akan terlihat sangat gelisah saat mau tidur. Karena itu, agar Si kecil tidak khawatir mengompol dan tetap merasa nyaman saat tidur, siasati dengan memberi alas perlak di bawah tempat tidurnya.

5. Batasi minum sebelum tidur

Kapasitas kandung kemih Si Kecil umumnya masih kecil, maka beberapa jam sebelum mereka pergi tidur sebisa mungkin batasi minum mereka supaya tidak mengompol.

6. Hindari memarahi Si Kecil

Terkadang butuh waktu bagi Si Kecil untuk menyesuaikan diri. Sehingga, jangan pernah sekalipun memarahi ataupun memaksanya saat ia belum merasa nyaman lepas dari diapers. Lakukan secara perlahan dan bertahap.

7. Selalu beri pujian

Saat Si Kecil mulai belajar untuk tidak lagi menggunakan diapers, jangan lupa untuk memberinya pujian. Si Kecil butuh diyakinkan bahwa tanpa diapers sebenarnya tidak akan terjadi apa-apa, justru mereka akan lebih bebas bergerak dan merasa nyaman.

Sebelum memulai hal ini, ada baiknya Mamas memahami terlebih dahulu bahwa setiap anak akan menghadapi hal ini dengan respon dan juga waktu adaptasi yang berbeda-beda. Karena itu, jangan langsung putus asa ketika Mamas mengetahui bahwa teman Si Kecil sudah berhasil lepas diapers dalam waktu sangat singkat, namun Si kecil walau sudah satu minggu namun belum juga membuahkan hasil.

Selain harus konsisten, Mamas juga harus ekstra sabar dan jangan mudah emosi. Memarahi Si Kecil saat ia mengompol atau BAB di celananya memang bisa membuat kesal. Percayalah, Si Kecil pun tak ingin membuat Mamanya kesusahan. Jadi, selalu sabar ya Mamas!  (Yosi Avianti/Tammy Febriani/Photo : Istockphoto.com)

Shares