Health

Manfaat Omega-3 Bagi Si Kecil

By  | 

Asam lemak omega-3 merupakan asam lemak yang sangat penting untuk mendukung tumbuh kembang  Si Kecil. Asam lemak omega-3 ini tidak dapat diproduksi oleh tubuh ya Mamas, sehingga harus dipenuhi lewat asupan makanan.

Manfaat Asam Lemak Omega-3

Sumber asam lemak omega-3 terbaik ada pada berbagai jenis ikan berlemak. Beberapa diantaranya adalah sarden, makerel, salmon, dan masih banyak lagi. WHO pun menganjurkan agar Si Kecil selalu makan ikan setidaknya dua porsi per minggu untuk memenuhi kebutuhan asam lemak omega-3.

Lebih jauh tentang manfaat omega-3 pada anak, jurnal dalam PubMed pun mengungkapkan hasil penelitian yang menunjukkan bahwa asam lemak omega-3 dapat meningkatkan fungsi otak dan suasana hati pada anak-anak. Sebagai asam lemak baik, sebanyak lebih dari 40% kandungan pada omega-3 memang digunakan sebagai unsur penyusun dinding sel neuron yang terdapat di otak. Sehingga, omega-3 sangat baik dalam meningkatkan kecerdasan anak, termasuk mempertajam daya tangkap dan daya ingatnya. Omega-3 juga membantu menjaga kesehatan mata anak dengan meningkatkan ketajaman visualnya.

Sumber Asam Lemak Omega-3

Normalnya, anak-anak perlu mengonsumsi omega-3 setiap harinya yang bisa diperoleh dari makanan sehari-hari. Jumlah itu setara dengan udang dan kepiting sebanyak dua genggaman tangan orang dewasa, atau semangkuk besar ikan tuna, atau ikan salmon sebesar satu genggam tangan, atau ikan kembung sebesar dua genggam tangan.

Walau begitu, kita tak selalu dapat memenuhi jumlah omega-3 dari makanan. “Untuk memastikan kecukupan harian omega-3 pada anak dan orang dewasa dapat terpenuhi, dapat dibantu dengan mengonsumsi suplemen. Salah satunya adalah YOUVIT Omega-3,” jelas Puteri Aisyaffa, S.Gz, RD,Nutrition Expert YOUVIT, di sela-sela acara Virtual Press Conference: YOUVIT Omega-3 Launching Party “Dengarkan Kata Jantungmu”.

Oleh karena itu, Mamas dapat menambahkan suplemen tambahan bagi Si Kecil apabila dirasa asupan sehari-hari Si Kecil belum dapat mencukupi kebutuhan asam lemak omega-3 ini. (Tammy Febriani/KR/Photo: Doc. Freepik, YOUVIT)

Shares