Health

Healthy Pregnancy Lifestyle Tips untuk Si Calon Mama

By  | 

Menjalani gaya hidup sehat selama hamil dapat membantu mengurangi kemungkinan Mamas to be mengalami beberapa masalah kesehatan kehamilan.

Beberapa hal yang perlu jadi perhatian Mamas to be selama kehamilan adalah:

Makanan

Makan makanan bernutrisi seimbang sangat penting untuk pertumbuhan dan perkembangan bayi Mamas. Mamas to be mungkin tiba-tiba saja mengidam makanan yang biasanya tidak Anda makan sebelum hamil. Hal ini mungkin terjadi karena perubahan hormonal selama kehamilan. Tidak apa-apa untuk memanjakan diri sesekali, selama pola makan Anda secara keseluruhan tetap sehat dan seimbang.

Makanan seperti telur, ubi jalar, kacang-kacangan, daging tanpa lemak, jus jeruk murni, yogurt, oatmeal, sayuran hijau dan salmon adalah beberapa superfood yang baik untuk dikonsumsi saat hamil.

Aktivitas Fisik

Aktivitas fisik yang teratur, ringan hingga sedang selama kehamilan dapat meningkatkan mood, kebugaran tubuh, kualitas tidur, meningkatkan energi, dan meredakan sakit punggung. Mamas to be bisa mencoba olahraga ringan dengan berjalan kaki, berenang atau yoga (dengan panduan guru prenatal yoga tentunya). Melatih otot dasar panggul dan perut selama hamil akan membantu mencegah masalah saluran kemih seperti inkontinensia di masa kehamilan dan setelah melahirkan. Mamas to be dapat berkonsultasi terlebih dahulu dengan dokter atau bidan tentang hal ini.

Kesehatan Emosional

Kesehatan emosional sama pentingnya dengan kesehatan fisik Mamas to be. Wanita biasa mengalami perubahan emosional selama kehamilan. Hal ini terjadi karena adanya perubahan fisik yang terjadi selama kehamilan.

Tetapi perubahan emosional yang berlangsung lebih dari dua minggu bisa menjadi tanda depresi. Jika Mamas to be mengalami tanda-tanda depresi, penting untuk segera berkonsultasi dengan dokter, dokter umum, atau bidan Anda.

Dan jika Mamas to be khawatir dengan peran baru menjadi orang tua atau mengalami masalah dalam hubungan Anda, termasuk kekerasan dalam keluarga, ada baiknya Anda membicarakannya saat pertemuan antenatal. Dokter umum atau bidan Anda dapat memberi tahu Anda di mana mendapatkan dukungan jika Anda membutuhkannya. (Tammy Febriani/KR/Photo: Doc. Freepik, iStockphoto.com)

Shares