Health

Aturan Memberikan Minyak Zaitun untuk MPASI Bayi

By  | 

Minyak zaitun memiliki manfaat yang sangat baik bagi Si Kecil. Mamas dapat memberikan minyak zaitun ini ke dalam MPASI Si Kecil. Namun sebelumnya, ketahui terlebih dahulu aturan pemberian minyak zaitun bagi Si Kecil di artikel ini ya, Mamas!

Minyak zaitun bisa mulai Mamas berikan dalam MPASI Si Kecil mulai usia 6 bulan. Namun, takaran pemberian minyak zaitun di dalam MPASI ada aturannya. Misalnya saja, Mamas dapat menambahkan sebanyak 1 sendok teh minyak zaitun dalam setiap 200 gram puree wortel atau menu MPASI Si Kecil lainnya.

Kenapa pemberian minyak zaitun harus dibatasi? Perlu Mamas ketahui, pencernaan Si Kecil yang belum sempurna tentunya lebih sensitif. Sehingga, memberikan minyak zaitun secara berlebihan pada Si Kecil berisiko menyebabkan diare.

Pemberian minyak zaitun ke dalam MPASI Si Kecil juga dapat dilakukan ketika Mamas sedang mengolah MPASI. Minyak zaitun bisa Mamas gunakan sebagai pengganti minyak goreng ketika memasak makanan untuk Si Kecil.

Selain porsinya harus dibatasi, memilih dan menyimpan minyak zaitun juga penting untuk diperhatikan ya, Mamas. Hal ini penting guna mendapatkan rasa MPASI yang lezat dan tentunya berkualitas. Pilihlah minyak zaitun ekstra virgin, karena minyak zaitun jenis ini masih mempertahankan antioksidan dan senyawa bioaktif dari buah zaitun yang sangat baik manfaatnya bagi Si Kecil.

Saat menyimpan, Mamas dapat menyimpan minyak zaitun di tempat yang sejuk dan tidak terkena sinar matahari secara langsung. Hindari menyimpan minyak zaitun di tempat yang panas karena hal itu dapat merusak kualitas minyak zaitun dan menjadi lebih cepat tengik.

Untuk lebih jauh mengetahui manfaat tentang minyak zaitun (baca: Ketahui Beragam Manfaat Minyak Zaitun untuk MPASI Si Kecil) dan aturan pemakaiannya, Mamas dapat berkonsultasi dengan dokter anak atau ahli nutrisi. (Tammy Febriani/KR/Photo: Doc. Freepik)

Shares