Health

Bantal Bayi untuk Mencegah Plagiocephaly

By  | 

Plagiocephaly (flat head syndrome) atau juga dikenal dengan kepala peyang, merupakan salah satu hal yang sangat ingin dihindari oleh para mama, pada bayinya. Bantal bayi yang tepat, akan membantu mencegah kondisi ini.

Kepala bayi terkadang menjadi peyang ketika mereka berusia beberapa bulan. Hal ini biasanya terjadi karena mereka menghabiskan banyak waktunya dengan berbaring dalam posisi tertentu.

Penyebab Plagiocephaly

Tengkorak bayi yang masih relatif lunak, dapat berubah bentuk jika ada tekanan konstan pada bagian tertentu di kepalanya.

Dikutip dari NHS, berikut ini adalah penyebab umum bayi mengalami plagiocephaly:

-Tidur telentang terlalu lama

Bagian belakang atau samping kepala bayi bisa menjadi rata akibat selalu tidur telentang, tetapi hal ini penting dilakukan untuk mengurangi risiko sindrom kematian bayi mendadak (SIDS)

-Masalah di dalam rahim

Pada bayi yang berada dalam posisi terjepit di dalam rahim atau mengalami kekurangan cairan ketuban, maka kemungkinan kepala bayi akan mendapat tekanan untuk melindungi mereka selama proses persalinan berlangsung.

-Lahir prematur

Bayi prematur lebih cenderung memiliki kepala pipih karena tengkorak mereka lebih lembut saat dilahirkan, dan mereka mungkin lebih suka menyandarkan kepala pada satu sisi pada awalnya karena mereka belum bisa menggerakkan kepalanya sendiri

-Otot leher tegang

Kondisi ini dapat mencegah bayi menoleh dengan cara tertentu, yang berarti 1 sisi kepalanya berada di bawah tekanan berlebih.

Mencegah Plagiocephaly

Untuk mencegah bayi Mamas mengalami plagiocephaly, Mamas dapat melakukan beberapa cara seperti:

-Ubah posisi bayi dalam posisi tengkurap selama beberapa waktu secara berkala saat waktu bermain, tetapi pastikan mereka selalu tidur telentang karena ini yang paling aman untuk mereka

-Pindah posisi mainan di ranjangnya secara berkala agar ia tak selalu menoleh ke sisi yang sama.

-Gantilah posisi saat menggendong dan menyusui.

-Kurangi waktu yang dihabiskan bayi Mamas untuk berbaring di permukaan datar yang kokoh, seperti car seat dan kereta dorong bayi. Coba gunakan gendongan depan jika memungkinkan.

-Menggunakan bantal khusus untuk mencegah plagiocephaly.


Clevamama ClevaFoam® Infant Pillow.

Clevamama ClevaFoam® Baby Pillow

Bantal Bayi ClevaFoam® merupakan bantal bayi dari Clevamama yang yang dirancang untuk melindungi dan mendukung kepala dan leher bayi Mamas dengan lembut saat tidur.

Dibuat dengan teknologi ClevaFoam® canggih, teknologi tersebut dapat melindungi bentuk bulat kepala bayi dan dapat membantu mencegah terjadinya Flat Head Syndrome (plagiocephaly). Telah terbukti secara ilmiah untuk bantal ini juga dapat mengurangi tekanan pada bagian belakang kepala bayi hingga 50% dan meningkatkan dukungan hingga 80% (Trinity College, University of Dublin, Irlandia).

ClevaFoam® sendiri merupakan foam ringan yang diformulasikan secara unik dan memiliki 100% rongga udara sehingga dapat bernapas, hipo-alergi, dan memiliki PH seimbang yang ideal untuk bayi dengan asma dan alergi. ClevaFoam® yang breathable ini memiliki stuktur sel terbuka yang dapat meningkatkan aliran udara sehingga bayi tidak merasakan panas saat menggunakan bantal ini.


Clevamama ClevaFoam® Baby Pillow.

Clevamama ClevaFoam® Baby Pillow sudah bisa digunakan Si Kecil sejak usia 0 hingga 12 bulan, dan sangat mudah dibersihkan.  Mamas cukup mencucinya menggunakan tangan dan sarung bantalnya dapat dicuci dengan mesin cuci. Selain Baby Pillow, ClevaFoam® juga tersedia dalam bantal Infant, Pram, dan Toddler Pillow, serta tersedia pula sarung bantalnya.

Ketiga tipe bantal ini juga memiliki airflow yang telah dirancang untuk melindungi dan mendukung kepala dan leher bayi yang lembut saat tidur di tempat tidurnya, atau ketika beristirahat di kereta bayi mereka. Bantal ini juga sangat cocok dibawa pada saat travelling.

Infant Pillow bisa digunakan oleh bayi usia 0 – 6 bulan dengan desain bantal yang bulat dan cekungan dibagian tengah, pas untuk melindungi kepala bulat bayi. Pram Pillow dirancang bagi bayi usia 0 bulan ke atas, Baby Pillow bisa Mamas berikan bagi Si Kecil usia 0 – 12 bulan, dan Toddler Pillow pas digunakan oleh Si Kecil berusia 1 tahun ke atas.

Jadi, untuk mencegah kepaya bayi menjadi peyang, kami merekomendasikan Mamas untuk memilih Baby Pillow atau Infant Pillow dari Clevamama, untuk Si Newborn.

Selain bantal, Clevamama juga memiliki beragam produk bayi lainnya seperti Clevasleep Elevated Positioner yang dapat membantu meredakan ketidaknyamanan akibat kolik, refluks, dan meningkatkan posisi tidur terlentang; Newborn Tummy Time Mat ClevaFoam® super lembut  yang sangat nyaman bagi Si Kecil yang sudah mulai melakukan tengkurap; Bamboo Apron Baby Bath Towel yang merupakan handuk bentuk celemek yang dapat digantung di leher Mamas tanpa harus repot dipegang; Bamboo Bay Washcloth, dan banyak lagi.

Untuk info lebih lengkap mengenai produk Clevamama, Mamas dapat follow akun Instagram ClevaMama di @babiesandeverything. Produk-produk Clevamama juga bisa Mamas dapatkan di Shopee Mall Clevamama: https://shopee.co.id/clevamama.indonesia.

Sarung bantal Clevamama.

SmartMama Giveaway

Di SmartMama Giveaway kali ini, Mamas juga berkesempatan untuk memiliki Clevamama ClevaFoam® Baby Pillow! Caranya, tulis di kolom comments mengenai bagaimana cara Mamas mencegah plagiocephaly pada Si Kecil. 3 orang Mamas yang beruntung akan mendapatkan produk menarik dari Clevamama! Pemenang akan diumumkan pada hari Kamis, 4 Maret 2021 di Instagram Story @thesmartmamas. (Tammy Febriani/KR/Phtoto: Doc. Clevamama)

Shares