Health

Aneka Buah untuk Mengatasi sembelit Bayi

By  | 

Ketika bayi sudah mulai makan makanan padat, maka keluhan yang biasanya dialaminya adalah sembelit.

Tak perlu khawatir Mamas, karena hal tersebut wajar dialami Si Kecil. Kondisi sembelit ini dapat terjadi karena adanya peralihan dari yang tadinya organ pencernaan bayi hanya menerima cairan berupa ASI ataupun susu formula, menjadi makanan dengan bentuk yang lebih padat.

Untuk mencegah sembelit pada bayi, yuk kenali berbagai buah yang dapat dimakan untuk mengatasi sembelit pada bayi.

Buah Naga

Buah naga sangat disarankan untuk dikonsumsi agar terhindar dari sembelit. Hal ini karena buah naga mengandung kurang lebih 3 gr serat dalam tiap 100 gr buahnya. Namun perlu diingat, warna dan feses bayi biasanya mengikuti apa yang dimakannya. Oleh karena itu jangan kaget bila kemudian Mamas mendapati fesesnya nanti berwarna pink atau ungu.

Pepaya

Baik pada bayi maupun dewasa, buah pepaya memang terkenal dapat melancarkan buang air besar. Pepaya mengandung 1,8 gr serat dalam setiap 100 gr buah, yang dapat melancarkan BAB.

Pir

Kandungan air dan vitamin dalam pir dapat menjadi pencahar alami bagi bayi dan membantu melancarkan sistem pencernaan di usus. Selain itu, kandungan airnya yang melimpah dapat menjaga Si Kecil dari dehidrasi. Buah pir yang rasanya enak dan manis tentunya juga akan jadi buah favorit Si Kecil.

Plum

Selain serat, plum juga memiliki kandungan kalium yang tinggi dan kandungan alami yang dapat menjadi pencahar. Kandungan sorbitolnya dapat langsung melancarkan pencernaan bayi secara alami. Antioksidan tinggi yang terkandung dalam plum juga dapat melawan penyakit lainnya yang mengancam kesehatan.

Alpukat

Buah selanjutnya adalah alpukat. Meski dagingnya terlihat padat, nyatanya alpukat merupakan buah yang kaya akan serat, sehingga dapat dipilih untuk membantu melancarkan BAB. Diketahui, kandungan serat dalam sebutir alpukat adalah sekitar 4,6 gram. (Yosi Avianti/Tammy Febriani/KR/Photo : Freepik.com)

Shares