Health

6 Cara Mencegah Ruam Popok Si Kecil

By  | 

Kulit sensitif Si Kecil rentan mengalami berbagai gangguan kulit, dan salah satu yang paling sering dialami adalah ruam popok.

Ruam popok dapat dipicu oleh berbagai faktor, salah satunya adalah karena paparan urin dan tinja yang mengiritasi kulit sensitifnya. Selain itu, ruam popok juga dapat terjadi akibat popok yang dikenakan Si Kecil terlalu ketat, adanya infeksi bakteri, atau gangguan penyakit kulit seperti dermatitis seboroik atau dermatitis atopik.

Tak hanya itu saja, penyebab lain seperti bahan-bahan dalam popok sekali pakai, tisu, produk mandi, dan detergen yang tak cocok di kulitnya juga dapat memicu terjadinya ruam.

Tips mencegah ruam popok

Tentunya ruam akan membuat Si Kecil jadi merasa tak nyaman. Rewel, sudah pasti akan terjadi. Untuk menghindari hal ini, cegahlah ruam popok dengan melakukan beberapa hal berikut ini:

•Rutin mengganti popok bayi.

Sering-seringlah mengganti popok kotornya dengan popok bersih dan kering, karena hal ini sangat penting dalam mencegah ruam popok. Kulit yang lembap terlalu lama membuatnya jadi lebih rentan terhadap ruam. Jadi, meskipun Si Kecil tak masalah dengan popok basahnya, namun sebaiknya Mamas tetap mengganti popoknya dengan popok baru setidaknya setiap dua jam sekali.

•Beri waktu untuk ‘istirahat’

Sebelum mengganti popok, biarkan bokong Si Kecil terbuka sejenak agar terpapar udara. Cara ini akan mengurangi kelembapan pada area bokong Si Kecil.

•Sisakan sedikit ruang ‘bernapas’

Mamas tentu menginginkan popok bayi yang nyaman dan anti kebocoran, tetapi pastikan popok yang dikenakan Si Kecil tidak terlalu ketat ya Mamas, sehingga tidak menggesek kulit lembutnya dan mengakibatkan lecet.

•Hindari penyebab iritasi

Hal ini bisa Mamas lakukan dengan menghindari kandungan parfum dan alkohol dalam sabun, tisu bayi beraroma, dan produk lain yang bersentuhan dengan kulit bayi yang dapat mengiritasi kulitnya. Cegah ruam popok dengan membersihkan bokongnya menggunakan bola kapas atau waslap yang dibasahi air hangat, alih-alih menggunakan tisu basah. Setidaknya lakukan ini saat bayi baru lahir, dimana kulit lembutnya masih sangat sensitif.

•Ganti merek atau tipe popok.

Terkadang popok sekali pakai tidak dapat menjaga kulit Si Kecil tetap kering, sehingga dapat memicu lebih banyak ruam. Cobalah bereksperimen dengan mencoba berbagai jenis popok atau ganti ke kain untuk melihat apakah itu membantu mencegah ruam popok. Popok kain meski kurang menyerap urin, namun hal ini akan mendorong penggantian popok lebih sering. Tetapi bukan berarti ketika menggunakan popok kain, Si Kecil akan terbebas dari ruam. Bila hal ini masih terjadi, maka bisa jadi penyebabnya adalah detergen yang digunakan untuk mencuci popok.

•Gunakan krim anti ruam.

Menggunakan krim pelindung ruam pada bokong bayi diketahui juga dapat mencegah ruam. Hal ini dikarenakan krim tersebut dapat mencegah air seni menyentuh dan mengiritasi ruam lebih lanjut.

Pastikan sebelum Anda mengoleskan salep atau krim ke bokong bayi, kulitnya benar-benar dalam kondisi kering. Kelembapan yang ada di bawah krim pelindung hanya akan membuat ruam popok lebih mungkin terjadi atau bahkan dapat memperburuk ruam popok.

Sudocrem

Sudocrem merupakan krim anti ruam dengan kandungan zinc oxide. Sudocrem secara klinis telah terbukti dapat melembutkan, melindungi, dan melembabkan kulit bayi. Sudocrem mengandung bahan yang sifatnya mendinginkan, sehingga dapat mengurangi rasa nyeri akibat luka ruam. Kandungan emolien di dalam sudocrem dapat melembutkan kulit yang mengalami luka. Selain itu, krim ini juga anti air yang bersifat melindungi area yang terluka dari paparan luar.

Menggunakan Sudocrem sangat mudah, setelah Mamas mencuci tangan, bersihkan area kulit yang tertutup popok hingga bersih, lalu keringkan. Setelah itu Mamas dapat mengoleskan Sudocrem tipis-tipis hingga merata pada area kulit yang tertutup popok, lalu kenakan popok pada bayi, dan cuci tangan Anda hingga bersih.

Jangan lupa, untuk mencegah ruam kembali datang, pastikan mamas selalu mengaplikasikan Sudocrem pada Si Kecil setiap kali mengganti popoknya ya, Mamas.

Produk Sudocrem bisa mamas dapatkan di store Mothercare ataupun baby shop lainnya di kota Anda.

Di SmartMama Giveaway minggu ini, kami jngin mengajak Mamas untuk sharing mengenai apakah bayi Mamas pernag mengalami ruam popok, dan bagaimana Mamas menanganinya? Jawab di kolom comments ya, mamas! 5 orang mama yang beruntung akan mendapatkan paket menarik dari Sudocrem. Pemenang akan diumumkan pada hari Senin, tanggal 25 Januari 2021 di Instagram Stories @thesmartmamas. (Tammy Febriani/KR/Photo: Doc. Freepik)

Shares