Health

Ask the Expert: Merawat Gigi Calon Mama

By  | 

Masalah hormon seringkali menjadi alasan bagi calon mama untuk menunda pemeriksaan gigi. Lalu bagaimana sebaiknya, apakah semua pemeriksaan gigi harus ditunda selama kehamilan?

Faktanya, justru saat hamil kebersihan dan kesehatan gigi harus lebih diperhatikan. Berikut ini adalah fakta yang perlu Mamas to be pahami tentang perawatan gigi selama hamil, menurut drg. Benny Mulyono Soegiharto, M.Sc, MOrthRCS, Ph.D, Sp.Ort (K) – dokter spesialis ortodonsia konsultan, yang berpraktik di Dental Specialist Clinic RS Pondok Indah – Puri Indah.

1.Apakah saat hamil sebaiknya kita menunda pemeriksaan gigi?

Saat hamil, calon mama justru disarankan untuk menjaga kebersihan giginya lebih baik daripada sebelumnya. Jadi sebenarnya, calon mama tetap dapat melakukan perawatan gigi.

2.Apa yang menyebabkan calon mama enggan berkunjung ke dokter gigi?

Perubahan hormon kehamilan menimbulkan banyak perubahan pada calon mama. Salah satunya, hormon kehamilan yang tak stabil ini bisa membuat gusi lebih sensitif dan sering mengalami pembengkakan. Namun perlu diingat, tak setiap calon mama mengalami hal ini. Jadi selama calon mama mengikuti instruksi dokter gigi, maka calon mama tak perlu mengkhawatirkan hal ini.

3.Apakah aman menggunakan behel saat hamil?

Boleh saja calon mama melakukan perawatan ortodonti seperti pemasangan behel saat hamil. Selama calon mama mengikuti instruksi dokter dan menjaga kebersihan gigi dengan lebih baik daripada sebelumnya, maka menggunakan behel saat hamil tak akan menimbulkan gangguan.  

4.Untuk menghindari keluhan yang tak diinginkan, biasanya apa saja kesalahan paling sering yang dilakukan oleh pengguna behel saat perawatan gigi?

Banyak. Diantaranya adalah malas sikat gigi yang bisa membuat gigi berlubang, radang gusi, hingga tulang rahang sekitar gigi menjadi rusak. Pengguna behel juga seringkali tidak mengikuti instruksi dokter, seperti misalnya tidak menggunakan karet atas – bawah yang memang harus dipakai sendiri. Padahal, karet behel ini penting untuk mengkoordinasikan gigi supaya dapat menggigit dengan baik dan sempurna. Pengguna behel juga terkadang masih makan makanan yang keras seperti makan kerupuk atau yang lainnya. Padahal biji-biji kawat pada behel termasuk kedalam barang-barang halus yang di lem. Lemnya pun khusus sehingga ketika behel nantinya akan dilepas, tidak akan merusak email gigi. Nah, makanan yang keras ini dapat mengganggu fungsi biji-biji kawat dan lem.  

Oleh karena itu, drg. Benny menyarankan agar para calon mama selalu memperhatikan instruksi dokter dan lebih menjaga kebersihan giginya untuk meminimalisir gangguan kesehatan gigi yang rentan dialami calon mama. (Tammy Febriani/KR/Photo: Doc. Freepik)

Shares