Health

7 Sumber Makanan yang Baik untuk Perkembangan Otak Si Kecil

By  | 

Lima tahun pertama kehidupan Si Kecil adalah momen dimana ia tumbuh dan berkembang dengan pesat. Memberi asupan yang tepat akan mendukung perkembangan otaknya.

“Tahun-tahun ini sangat penting untuk perkembangan otak, dan apa yang mereka makan memengaruhi fokus dan keterampilan kognitif anak,” ujar psikiater Drew Ramsey, MD, yang juga salah satu penulis The Happiness Diet dan Fifty Shades of Kale.

7 makanan ini dapat membantu mendukung perkembangan otak dan menjaga ingatan Si Balita tetap tajam.

1.Telur

Protein dan nutrisi dalam telur membantu anak-anak berkonsentrasi, kata chef yang berbasis di Los Angeles, Beth Saltz, RD. Sajikan sandwich salad telur atau beberapa classic deviled egg untuk Si Kecil ya, Mamas!

2.Yogurt Yunani

Lemak penting untuk kesehatan otak, kata Laura Lagano, RD. Yoghurt Yunani penuh lemak (yang memiliki lebih banyak protein daripada yogurt lain) dapat membantu menjaga sel-sel otak dalam kondisi yang baik untuk mengirim dan menerima informasi.

Cara Menyajikannya, campur yogurt Yunani dengan sereal dan blueberry. Kandungan polifenol didalamnya akan meningkatkan aliran darah ke otak sehingga dapat menjaga daya ingat Si Kecil tetap tajam.

3.Sayuran hijau

Penuh akan folat dan vitamin, bayam dan kangkung dikaitkan dengan risiko demensia yang lebih rendah di kemudian hari. Sedangkan Kale adalah makanan super yang mengandung antioksidan dan zat-zat lain yang membantu pertumbuhan sel-sel otak baru.

Untuk beberapa anak, sayuran hijau mungkin tak diminati. Jadi, daripada menyajikan salad, Anda mungkin ingin mencoba beberapa ide berbeda seperti:

-Kocok bayam atau kangkung menjadi smoothie untuk kudapan.

-Tambahkan irisan bayam ke omelet atau lasagna.

-Buat keripik kangkung. Potong kangkung dari batang, taburi dengan minyak zaitun dan sedikit garam, lalu panggang.

4.Ikan

Ikan adalah sumber vitamin D dan omega-3 yang baik, yang melindungi otak dari penurunan keterampilan mental dan memori. Salmon, tuna, dan sarden semuanya kaya omega-3.

“Semakin banyak omega-3 yang bisa didapatkan ke otak, semakin baik fungsinya dan semakin baik anak-anak untuk dapat fokus,” kata Bonnie Taub-Dix, RD, penulis Read It Before You Eat It.

5.Kacang dan biji-bijian

Dikemas dengan protein, asam lemak esensial, vitamin, dan mineral, kacang-kacangan dan biji-bijian dapat meningkatkan suasana hati dan menjaga sistem saraf Si Kecil tetap terkendali.

Mamas dapat menyajikannya dalam bentuk selai kacang yang disajikanbersama roti gandum.

6.Oatmeal

Oatmeal kaya protein dan serat yang dapat membantu menjaga pembuluh darah jantung dan otak tetap bersih. Dalam sebuah penelitian, anak-anak yang makan oatmeal dapat melakukan tugas sekolah yang berhubungan dengan memori, lebih baik daripada mereka yang makan sereal.

7.Apel dan Plum

Anak-anak seringkali meminta makanan yang manis-manis, terutama saat mereka merasa lesu. Apel dan plum yang mengandung quercetin, antioksidan yang dapat melawan penurunan keterampilan mental, bisa jadi pilihan. (Tammy Febriani/KR/Photo: Doc. Freepik)

Shares