Beauty & Style

Tips Mengurangi Keriput Pada Wajah

By  | 

Seiring bertambahnya usia, munculnya garis-garis halus pada wajah tentu tak terhindarkan. Mencegahnya tentu tak mungkin, tapi memperlambat datangnya keriput pada wajah, bisa Mamas lakukan.

 Kulit wajah yang halus tanpa keriput tentunya menjadi dambaan setiap wanita. Lakukan beberapa hal berikut ini untuk mengurangi keriput di wajah Anda.

1.Skin care basics

Jika Mamas benar-benar ingin menjaga kulit Anda terlihat muda, mulailah dengan hal-hal penting yang mendasar seperti:

•Hindari sinar matahari langsung.

•Kenakan tabir surya.

•Tidak merokok.

•Gunakan pelembab.

2.Tidur dalam posisi telentang

Ketika Anda tidur dalam posisi tertentu malam demi malam, hal itu bisa menyebabkan “garis tidur”, yaitu kerutan yang terukir di lapisan atas kulit dan tidak memudar begitu Anda bangun. Tidur miring menyebabkan kerutan di pipi dan dagu, sementara tidur menghadap ke bawah membuat alis berkerut.

3.Makan lebih banyak salmon

Salmon (bersama dengan ikan air dingin lainnya) adalah sumber protein yang baik untuk kulit. Salmon juga mengandung asam lemak omega-3. Para ahli mengatakan asam lemak esensial akan menutrisi kulit dan menjaganya tetap berisi dan awet muda, dan hal itu dapat membantu meminimalkan kerutan.

4.Jangan Menyipitkan Mata

Ekspresi wajah yang Anda lakukan berulang-ulang (seperti menyipitkan mata) membuat otot wajah bekerja berlebihan dan membuat lekukan di bawah permukaan kulit. Akhirnya alur itu menjadi keriput. Jadi jagalah agar mata tetap lebar: Pakailah kacamata baca jika Anda membutuhkannya. Mamas juga bisa menggunakan kacamata hitam untuk melindungi kulit di sekitar mata dari kerusakan akibat sinar matahari, dan mencegah Anda menyipitkan mata.

5.Gunakan krim yang mengandung Asam Alfa-Hidroksi (AHA)

Asam alami ini mengangkat lapisan atas sel kulit mati sehingga dapat membantu mengurangi munculnya pori-pori, garis halus, dan kerutan permukaan, terutama di sekitar mata. AHA yang lebih kuat dapat membantu meningkatkan produksi kolagen di kulit Anda. Kolagen merupakan protein yang dapat menguatkan dan mengencangkan kulit Anda. Namun menggunakan AHA dapat membuat kulit Anda lebih sensitif terhadap sinar matahari, jadi gunakan tabir surya setiap hari. Dan pastikan gunakan produk krim atau losion dengan kandungan AHA hingga 10 persen yang tergolong aman untuk sebagian besar kulit dengan penggunaan sesuai aturan. Lebih dari itu, konsultasikan dengan dokter kulit Anda ya, Mamas!

6.Jangan terlalu sering mencuci wajah

Terlalu sering terpapar air dapat menghilangkan kelembapan kulit dan minyak alami pada wajah yang sebenarnya dapat melindungi Anda dari kerutan. Jika Mamas terlalu sering mencuci muka, Anda akan menghilangkan keduanya. Gunakan sabun dengan pelembab, atau gel atau krim pembersih.

7.Tambahkan asupan vitamin C pada kulit

Beberapa penelitian menemukan bahwa krim dengan vitamin C dapat meningkatkan jumlah kolagen yang dihasilkan kulit Anda. Vitamin C melindungi dari kerusakan akibat sinar UVA dan UVB, serta membantu mengurangi kemerahan, flek hitam, dan warna kulit tidak merata. Anda harus menggunakan produk kulit dengan jenis vitamin C yang tepat. Asam L-askorbat mungkin yang terbaik untuk menghilangkan kerutan. Bahan vitamin C juga terdaftar dengan nama ascorbyl palmitate.

8.Kedelai untuk perawatan kulit

Kedelai dapat memperbaiki penampilan kulit sekaligus melindunginya. Studi menunjukkan kedelai yang dioleskan ke kulit atau dikonsumsi sebagai suplemen (bukan sebagai makanan) dapat membantu melindungi atau bahkan menyembuhkan beberapa kerusakan kulit akibat sinar matahari. Selain itu, kedelai juga dapat membantu mengembalikan struktur dan kekencangan kulit Anda, dan meratakan warna kulit.

9.Ganti kopi untuk cokelat

Sebuah studi menunjukkan bahwa kakao atau cokelat dengan dua antioksidan tingkat tinggi (epicatechin dan catechin) melindungi kulit dari kerusakan akibat sinar matahari, meningkatkan aliran darah ke sel-sel kulit, menjaga kelembapan, dan membuat kulit terlihat dan terasa lebih halus. (Tammy Febriani/KR/Photo: Doc. Freepik)

Shares