Health

Apa Manfaat Tengkurap Bagi Bayi?

By  | 

Tengkurap atau tummy time merupakan salah satu milestone yang akan mendukung tumbuh kembang bayi menjadi lebih optimal.

Tahukah Anda Mamas, bahwa tummy time bisa mulai Mamas kenalkan pada Si Kecil sejak ia berusia dua minggu? Mulailah dengan sesi pendek 30 detik hingga satu menit. Caranya, letakkan bayi Anda di atas perut dan dada Anda yang sedang dalam posisi duduk. Semakin besar usianya, Mamas bisa melatih tummy time dengan durasi waktu yang lebih lama dan meletakkannya di permukaan yang datar dan halus.

Jangan kaget jika bayi Anda rewel atau hanya menundukkan kepalanya saat pertama kali Anda memperkenalkannya dengan tummy time. Coba lagi nanti. “Banyak bayi pada awalnya tidak menikmati waktu tengkurap, tetapi perlahan-lahan merasa nyaman ketika ia muai dapat membangun kekuatan,” ujar dokter anak Ari Brown, MD, yang juga penulis buku ‘Baby 411’.

“Dibutuhkan kerja keras untuk mengangkat kepala dan itu tidak selalu menyenangkan bagi bayi,” lanjutnya.

Walau begitu, Mamas harus tetap sabar untuk mengajak Si Kecil tengkurap ya, karena aktivitas ini manfaatnya sangat besar bagi bayi.

1.Melatih kekuatan otot.

Tummy time adalah cara yang bagus untuk mengembangkan kekuatan otot bayi Anda khususnya di area leher, kepala, lengan dan kaki mereka. Sehingga mereka dapat menahan diri dan akhirnya mulai merangkak.

2.Melatih bayi mengangkat kepala.

Mampu mengontrol gerak kepala sangat penting bagi bayi, karena setelah bayi Anda menguasainya, setiap pencapaian lainnya akan mengikuti. Tummy time mendorong bayi untuk mulai bergerak dan mengangkat kepalanya sedikit demi sedikit sehingga mereka dapat ‘menjelajahi’ lingkungannya dengan lebih baik, dan pada akhirnya mereka akan dapat mengangkat kepalanya sendiri dan melihat ke arah suara dan mainan di sekitar ruangan.

3.Membantu mencegah kepala datar (peyang).

Bentuk bagian belakang kepala bayi akan lebih datar jika mereka menghabiskan banyak waktu berbaring telentang, jadi membaringkannya dengan posisi tengkurap adalah cara yang tepat untuk mencegahnya.

4.Meredakan nyeri kembung.

Bayi yang sering merasa kembung bukanlah bayi yang bahagia dan bisa sangat menyusahkan baginya. Tetapi tekanan lembut pada perutnya saat tengkurap dapat membantu meredakan gas yang bekumpul di area lambung. Pastikan Anda menunggu setidaknya 20 menit setelah bayi Anda menyusu sebelum memulai waktu tengkurap.

5.Merangsang indra dan perkembangan kognitif.

Bayi berkembang dengan berbagai cara dalam beberapa bulan pertama, dan melatih area perut dapat membantu perkembangan kognitif. Bayi akan mulai menoleh ke arah suara berbeda yang mereka dengar, dan akhirnya memutar perut mereka untuk mencari suara. Mereka juga menjadi lebih sadar akan tekstur dan permukaan yang berbeda saat mereka tengkurap, karena mereka bisa merasakan lantai di bawah tangan mereka.

6.Membantu koordinasi mata tangan dan perkembangan visual.

Tummy time ‘mengajak’ bayi Anda mengenal lingkungan baru, karena mereka biasanya berbaring sambil memandang dunia secara terbalik. Dengan tengkurap, mereka bisa belajar bagaimana memusatkan perhatian pada mainan terdekat, dan bahkan mulai mendorong mereka untuk meraih dan mencoba mengambil benda.

7.Mendukung keterampilan motorik.

Setelah bayi memiliki otot yang lebih kuat, tummy time akan mulai mendorongnya untuk dapat menendang dan mendorong lengan serta kakinya. Hal ini kemudian akan membuatnya belajar cara menggeser kaki, berguling, mengangkat tubuh mereka dengan tangan dan kaki, dan bahkan mulai merangkak!

8.Bonding mama dan bayi.

Skin to skin adalah cara yang bagus untuk menjalin ikatan dengan Si Kecil, jadi meletakkan mereka di dada Anda saat tengkurap, bisa jadi cara yang bagus untuk menjalin bonding dengan Si Kecil.

Setelah mengetahui apa saja manfaatnya bagi Si Kecil, jangan ragu untuk mulai mengenalkan tummy time sejak dini pada Si Kecil ya, Mamas! (Tammy Febriani/KR/Photo: Doc. Freepik)

Shares