Career

4 Cara Untuk Tampil ‘Stand Out’ di Zoom Meeting Anda Berikutnya

By  | 

Meeting secara daring saat ini jadi pilihan yang paling efektif untuk tetap produktif di masa pandemi. Meski bekerja secara online, penampilan Anda saat meeting hendaknya harus tetap ‘stand out’.

Pandemi Covid-19 menuntut banyak perubahan dalam gaya hidup kita, termasuk cara kerja kita saat ini. Meski sudah banyak perusahaan yang menerapkan kebijakan untuk tetap bekerja di kantor, namun kegiatan yang menuntut kita untuk bertemu dengan banyak orang tetaplah dibatasi. Termasuk saat rapat dalam tim besar maupun dengan klien. Beragam aplikasi pendukung seperti Zoom misalnya, jadi pilihan banyak orang untuk tetap dapat berkomunikasi.

Walau begitu, masih ada beberapa perusahaan yang menerapkan WFH (Work from Home). Nah, untuk sistem kerja yang satu ini, meeting secara daring yang hanya memunculkan Anda secara close up, seringkali jadi alasan bagi Anda untuk tak begitu mempedulikan penampilan. Padahal, meski Anda sedang ada di rumah, menjaga penampilan Anda saat Zoom cukup banyak memengaruhi mood Anda saat bekerja lho, Mamas!

Karen Anderson, US Head of Strategy and Distribution Caprice Decadent jewelry, akan berbagi tips bagaimana tampil stand out di Zoom meeting Anda berikutnya. Simak tips-nya berikut ini

1.Kenakan aksesori.

Lupakan kemeja — Anda sudah terlalu sering memakainya. Sebagai gantinya, pilih atasan sederhana dan gunakan anting, kalung atau aksesori lainnya yang dapat menonjolkan penampilan Anda. Baik itu perhiasan mutiara yang sedang tren, kancing dengan warna atau desain yang eye cacthy, atau aksen unik lainnya pada pakaian Anda. Perhiasan yang tepat dapat meningkatkan penampilan dan membantu Anda merasa lebih siap dan percaya diri di depan kamera.

2.Ubah background.

Tidak ada yang lebih mengganggu daripada latar belakang ruangan yang berantakan saat Zoom. Bila ‘bersih-bersih’ ruangan sudah tak sempat Anda lakukan, maka Mamas bisa memilih salah satu dari latar belakang Zoom yang mudah diunduh untuk tampil beda.

3.Lakukan kontak mata.

Sulit dilakukan? Iya. Perlu? Juga ya. Secara pribadi, jauh lebih mudah untuk menatap mata orang lain. Tetapi untuk bisa benar-benar ‘terhubung’ dan terlibat dengan orang di layar laptop, Anda perlu melakukan kontak mata. Memang hal ini merupakan keterampilan yang membutuhkan waktu, tetapi begitu Anda melakukannya, Anda akan melihat lebih banyak orang yang ‘terlibat’ bersama Anda.

4.Pentingnya gestur.

Pastikan saat Anda bicara, tak hanya bibir Anda saja yang bergerak ya Mamas. Gestur tubuh seperti gerakan bahu dan lengan atas Anda juga penting. Jadi sebaiknya jangan diam saja agar orang-orang dapat melihat gerakan Anda. Ini akan membantu peserta meeting lainnya lebih mudah memahami apa yang Anda katakan, menciptakan kredibilitas dan keterlibatan. Dan ingat, jangan lupa tersenyum. Diharapkan, apa yang Anda lakukan ini akan lebih dilihat, dirasakan, dan didengar oleh peserta meeting lainnya saat Anda menyampaikan informasi penting. (Tammy Febriani/KR/Photo: Doc. Moose Photos for Pexels)

Shares