Health

Si Kecil Tak Mau Makan Daging? Simak Triknya Disini!

By  | 

Daging merupakan protein penting yang dibutuhkan oleh Si Kecil untuk mendukung tumbuh kembangnya dengan optimal.

Sumber protein sebenarnya bisa didapatkan dari protein nabati dan hewani. Protein nabati bisa didapat dari sayuran dan kacang-kacangan. Sedangkan protein hewani salah satunya bisa didapat dari mengonsumsi daging sapi. Meski terasa lezat, namun seringkali anak-anak kurang menyukainya. Alasannya, karena menurut mereka tekstur daging kasar dan lebih alot sehingga membuat mereka kesulitan mengunyahnya.

Walau begitu, bukan berarti kemudian Anda jadi menyingkirkan daging sapi dari menu sehari-hari Si Kecil ya, Mams. Mengingat, Si Balita membutuhkan 13 gram protein setiap harinya.

Menanggapi hal ini, Spesialis Gizi Anak asal UK, Natalia Stasenko, R.D, akan berbagi trik bagaimana membuat Si Kecil tertarik menyantap makanan olahan dari daging sapi.

1.Mengolah daging menjadi lebih halus. Mamas bisa menyajikan daging dalam olahan yang lebih halus seperti bakso, burger, nugget ataupun daging giling agar lebih mudah ia kunyah.

2. Mix dengan bahan makanan lain. Alih-alih menyajikan daging saja, mungkin Mamas dapat membuat menu yang lebih bervariasi. Misalnya saja, Mamas bisa membuat perkedel kentang daging, kroket daging keju, nasi tim daging cincang, dan lainnya. Menyajikan menu makanan yang tidak bervariasi akan memengaruhi selera makan Si Kecil. Ia jadi mudah bosan dan tentunya jadi malas makan.

3.Sajikan dengan tampilan yang menarik. Kreatifitas Mamas untuk menyajikan makanan yang lebih menarik juga sangat penting. Contohnya, Mamas bisa membuat bola-bola daging yang lucu menyerupai bentuk burung atau yang lainnya. Berbagai inspirasi bento bisa Mamas cari di internet. Selain itu, Mamas juga bisa lho menyelipkan sedikit sayuran segar untuk mempercantik tampilan sekaligus melengkapi nutrisinya.

4.Perkaya rasa. Si Kecil yang sudah lebih besar, tentunya sudah bisa menyantap makanan dengan banyak rasa. Menambahkan potongan keju, saus tomat, mayonaise, atau campuran lainnya yang ia sukai untuk rasa yang lebih ‘kaya’ juga sangat disarankan. (Tammy Febriani/KR/Photo: iStockphoto.com)

Shares