Interior Design

Yuk, Lindungi Keluarga dengan Teknologi Cat Anti Virus!

By  | 

Mams, sejak awal tahun hingga kini, kasus covid-19 di Indonesia belum ada tanda-tanda akan menurun, bahkan terus meningkat. Berdasarkan data stastistik Worldometer, Indonesia menempati urutan ke 22 dari 216 negara dengan kasus infeksi Covid-19 tertinggi. Dan baru-baru ini disebutkan bahwa Covid-19 telah menyebar di unit terkecil masyarakat, yakni klaster keluarga. Adanya beragam aktivitas dari anggota keluarga saat di luar dan melakukan kontak dekat di rumah, membuat kasus klaster keluarga ini semakin meningkat.

Oleh karena itu, dokter spesialis paru RSU Adhyaksa dr. Ahmad Muslim Nazaruddin, Sp.P. FERS mengatakan bahwa kini gejala flu biasa (common cold) seperti pilek, hidung tersumbat, sakit tenggorokan, bersin, batuk, dan demam wajib diwaspadai. Selain itu, sentuhan tangan juga dapat menjadi perantara transmisi virus. Jika virus menempel pada gagang pintu, permukaan furnitur, sakelar listrik, remote TV, handphone, atau tembok rumah.

“Khusus dinding atau tembok, virus korona dapat bertahan hidup dalam kisaran 2 jam hingga 9 hari. Hal tersebut bergantung pada suhu, kelembapan, dan paparan sinar matahari hingga sirkulasi udara pada ruangan,” ungkap dr. Ahmad. Berbicara mengenai dinding, biasanya kita cenderung mengabaikan kebersihannya, padahal tembok adalah permukaan paling luas pada bangunan. Untuk itu, perusahaan cat asal Jepang, Nippon Paint kembangkan rangkaian cat/pelapis dengan SILVER-ION sebagai anti-mikroba.

“Pengembangan teknologi Silver-Ion untuk Cat/Pelapis Anti-Mikroba Nippon Paint merupakan bentuk usaha kami dalam membantu penekanan penyebaran Covid-19 yang berisiko tinggi pada kesehatan manusia,” ungkap CEO (Decorative Paints) Nippon Paint Indonesia, Jon Tan.  Teknologi Silver-Ion dari Nippon Paint ini juga telah diuji pada awal 2020 oleh Analytical Lab Group – laboratorium independen berstandar global terhadap Human Coronavirus, ATCC VR-740, strain 229E. Dan hasil tes menunjukan efektivitas 99,9% mematikan virus tersebut setelah kontak dengan lapisan cat yang mengandung teknologi Silver-Ion ini.

Selain Human Coronavirus (strain 229E), cat ini juga efektif dalam membasmi virus influenza A (H1N1 dan H3N2), penyakit tangan, kaki dan mulut (Hand Foot Mouth Diseases / HFMD), dan bakteri Escherichia coli, Staphylococcus aureus, serta MRSA. Rangkaian cat kesehatan dengan Silver-Ion dari Nippon Paint ini aman bagi keluarga dan ramah lingkungan, rendah VOC, tidak berbau, serta hadir dalam ratusan pilihan warna menarik untuk interior rumah, mapun hotel atau rumah sakit.

Well Mams, mumpung kita masih #DiRumahAja, kini saatnya mendekor ulang rumah dan mengganti cat dinding dengan yang lebih aman. (Karmenita Ridwan/Photo: Dok. Nippon Paint)


Shares