Health

Manfaat Baby Yoga Bagi Mama dan Bayi

By  | 

Memiliki bayi bukan alasan bagi Mamas untuk meninggalkan kelas yoga Anda. Karena manfaatnya tidak hanya untuk mengencangkan tubuh paska melahirkan, namun juga baik manfaatnya untuk Si Kecil.

Bila sebelumnya Anda mengikuti kelas yoga atau prenatal yoga, setelah melahirkan Mamas tetap bisa kembali mengikuti kelas yoga. Namun berbeda dengan sebelumnya, saat ini Mamas bisa mengajak Si Kecil melakukan baby yoga bersama-sama. Menurut pakar yoga bayi Sam Petter, gerakan pada baby yoga menggabungkan sentuhan fisik dan gerakan emosional antara mama dan bayi. Sentuhan dan gerakan lembut yang dilakukan dalam baby yoga akan mendorong Si Kecil untuk menikmati dan mengeksplorasi keterampilan baru yang mereka temukan saat melakukan yoga. Walau Anda hanya melakukannya selama 5-10 menit saja, namun Anda dan bayi akan benar-benar merasakan manfaatnya.

Berikut ini adalah manfaat melakukan baby yoga bersama Si Kecil:

1.Bonding dengan bayi

Baby yoga merupakan cara yang sangat baik untuk menjalin ikatan dengan Si Kecil melalui sentuhan dan gerakan-gerakan yang ada. Cara ini akan membantu new mama dalam melewati rasa frustasi mereka dalam mengenali ‘bahasa’ bayi. Dengan melakukan baby yoga, Anda akan mempelajari beberapa teknik yang sangat berguna untuk membantu Anda melakukan ‘percakapan’ dengan bayi. Saat Anda menjalin kontak mata yang baik dengan bayi Anda dan bergerak bersamanya dengan cara yang sangat intim ini, Anda dan bayi akan terbantu untuk memahami cara berkomunikasi satu sama lain.

2.Melatih keseimbangan bayi

Bayi yang melakukan yoga seringkali lebih mahir dalam merangkak dan berjalan. “Yoga membantu bayi menemukan pusat gravitasinya dan meningkatkan kesadarannya akan tubuh dan batasannya sendiri,” ujar Amy Thorley, direktur Hands on Babies. Hands on Babies merupakan penyedia pelatihan terkemuka di Inggris, yang mengkhususkan diri dalam memberikan pelatihan berkualitas tinggi dalam baby massage dan baby yoga.

“Banyak gerakan yang dilakukan bayi secara alami, tetapi yoga mendorongnya untuk menahan beban di lengan dan kakinya,” lanjutnya.

Bila bayi telah menemukan pusat gravitasinya, maka bayi Anda akan lebih mantap berdiri saat ia belajar berjalan.

3.Bye-bye colic

Manfaat lain dari baby yoga adalah untuk meredakan kolik – tangisan yang intens dan tidak terkendali yang terkait dengan masalah pencernaan. “Yoga dapat membantu dengan merangsang peredaran darah dan sistem pencernaan menjadi lebih lancar, hormonal dan meningkatkan kekebalan tubuh,” Jelas Amy.

“Yoga akan melepaskan ketegangan pada organ pencernaan yang bermasalah sehingga dapat membantu mengatasi ketidaknyamanan yang ada,” jelasnya.

Melihat manfaatnya bagi Anda dan juga bayi, maka tak ada salahnya bila olahraga yang satu ini jadi pilihan Anda setelah melahirkan ya, Mamas. (Tammy Febriani/KR/Photo: Doc. Senivpetro/Freepik)

Shares