Mind

5 Rekomendasi Buku Selama Pandemi

By  | 

Hi Mamas! Sebagai salah satu upaya refreshment selama di rumah aja, membaca bisa jadi salah satu aktivitas menarik jika rutin dilakukan. Tidak perlu menargetkan waktu yang lama, mulai dengan 15 menit membaca setiap hari sebelum tidur. Berikut rekomendasi buku pilihan Smartmama.

Atomic Habits – James Clear

Buku ini relevan untuk dibaca saat pandemi, karena menyulut keinginan kita untuk memulai kebiasaan baru seperti mematuhi protokol kesehatan, disiplin work from home, sampai meningkatkan kesehatan tubuh dengan olahraga. Menurut James Clear, 4 langkah utama yang bisa dilakukan untuk memulai kebiasaan baru adalah: Mengidentifikasi kebiasaan baru, membuatnya menarik, melakukan aksi, dan merasakan reward/kemenangan kecil dari rutinitas yang dilakukan. Ia juga menyarankan agar mama tidak lagi melihat tujuan besar yang belum tercapai melalui target, tetapi fokus pada 1% perusahaan kecil yang rutin dilakukan setiap hari.

Pandemic!: Covid-19 Shakes the World – Slavoj Zizek

Buku ini ditulis oleh seorang filsuf asal Slovenia mengenai pandangan baru tentang bagaimana virus Covid 19 telah mengubah tatanan hidup seluruh masyarakat dunia. Melalui buku ini, penulis ingin menggaris bawahi bahwa hal yang bisa kita lakukan adalah bekerjasama menciptakan kebiasaan dan moda hidup baru diatas reruntuhan kehidupan lama. Ia dengan tegas mengatakan “Jangan panik!” – terapi mari bergandengan tangan dan fokus pada yang bisa dilakukan di masa depan.

Zoza from Kasmania: His Quest to Happiness – Adela Gozali Yose & Nelson Tansu

Bukan hanya kita yang memerlukan bacaan baru, tapi Si Kecil juga! Merupakan bilingual book – yang ditulis dengan cerita dan ilustrasi menarik di setiap halamannya; bercerita tentang tokoh fiksi Glolumen bernama Zoza yang sedang belajar untuk memahami apa arti bahagia yang sesungguhnya. Dalam 6 bab pendek, Si Kecil akan belajar bahwa bahagia tidak hanya tampak dari fisik semata. Namun terasa dalam hati saat turut senang melihat teman sedang bahagia, tidak memendam rasa benci kepada orang lain, dan hal – hal kecil seperti mengucap selamat pada teman yang memenangkan pertandingan. Cocok sebagai bacaan anak usia 7 – 12 tahun.

Fall Baby – Laksmi Pamuntjak

Novel ini menceritakan tentang dua perempuan bernama Srikandi, seorang seniman kosmopolitan, serta mantan sahabatnya, Dara – seorang aktivis HAM. Saat Siri harus kembali ke Jakarta karena suatu hal dan bertemu dengan anak tirinya Amalia. Pada saat yang sama Ia juga harus memaknai ulang hubungan bersama Sang Ibu, Amba. Novel ini telah diterjemahkan ke dalam Bahasa Indonesia dengan judul “Kekasih Musim Gugur”. Mengajak Mamas menyelami dunia seni dan interpretasinya, serta pemaknaan hubungan antar perempuan dan keluarga.

Mengheningkan Cinta – Adjie Santosoputro

Yang satu ini merupakan buku non fiksi yang mengangkat tema relationship, ditulis oleh praktisi mindfulness Adjie Santosoputro. Beberapa poin penting yang ditulis untuk mewujudkan hubungan harmonis dengan pasangan adalah terus melakukan introspeksi diri, melakukan perjalanan ke dalam diri melalui mindful steps, berdamai dengan diri sendiri, menerima kekurangan dan kelebihan pasangan, serta tidak menggantungkan kebahagiaan diri pada orang lain. Selamat membaca! (Nathalie Indry/KR/Photo: Various)

Shares