Health

Manfaat Buah Pepaya untuk MPASI Si Kecil

By  | 

Buah jadi pilihan para Mamas untuk mengawali MPASI Si Kecil, dimana buah pepaya adalah salah satu diantaranya.

Para ahli mengatakan bahwa ketika bayi mama berusia enam bulan, maka Mamas sudah bisa mulai memperkenalkan buah sebagai MPASI. Namun tentunya buah yang disarankan adalah buah-buah yang cukup aman bagi pencernaan bayi. Beberapa buah yang dimaksud adalah pepaya, melon, apel, atau pir.

Berikan pepaya pada Si Kecil secara bertahap. Sebagai contoh, Mamas dapat memberikan satu sendok makan bayi pada awalnya dan kemudian Anda bisa menambahkan porsinya sedikit demi sedikit hingga ia mulai terbiasa dengan rasanya.

Namun sebelum Mamas memberikan papaya pada Si Kecil, hendaknya Anda memahami terlebih dahulu apa saja kandungan dan manfaat buah pepaya bagi Si Kecil.

Pepaya diketahui memiliki berbagai manfaat bagi tubuh Si Kecil, yaitu:

-Melancarkan sistem pencernaan. Pepaya mengandung enzim papain yang efektif memecah struktur makanan kompleks. Berikan 2–3 ons pepaya untuk Si Kecil untuk melancarkan pencernaannya.

-Meningkatkan sistem imun. Buah pepaya kaya vitamin C, nutrisi yang amat penting untuk meningkatkan sistem imun Si Kecil. Imun tubuh yang baik akan mendukung tumbuh kembangnya menjadi lebih optimal.

Walau begitu, pemberian papaya pada bayi hendaknya jangan berlebihan ya, Mamas! Hal ini dikarenakan oleh kandungan serat tunggal inulin yang bila dikonsumsi lebih dari 15 gram per hari, bisa membuat perut Si Kecil menjadi kembung dan mual. Kondisi  inilah yang bisa membuat Si Kecil lebih sering BAB dengan feses yang lebih encer.

Tak hanya itu saja, Mamas juga harus memperhatikan reaksi tubuh Si Kecil setelah mengonsumsi pepaya. Karena sebenarnya pepaya merupakan salah satu alergen pada bayi. Jadi bila setelah mengonsumsi pepaya timbul reaksi alergi, segera hentikan pemberian pepaya pada Si Kecil ya, Mamas.

Bila reaksi alergi Si Kecil mengkhawatirkan, jangan ragu untuk segera membawa Si Kecil ke dokter spesialis anak. (Tammy Febriani/KR/Photo: Doc. Freepik)

Shares