Health

Kapan Sebaiknya Membawa Anak ke Dokter Gigi di Era Pandemi Ini?

By  | 

Mams, kondisi pandemi saat ini tentunya membuat parents khawatir membawa Si Kecil ke dokter gigi. Hal ini disebabkan kekhawatiran akan penularan virus yang dapat melayang di udara akibat tindakan aerosol. Lalu, bagaimana jika Si Kecil sakit gigi?

Terdapat beberapa kondisi emergency tertentu yang tidak dapat dilakukan penundaan. Antara lain: nyeri gigi tidak tertahankan, perdarahan hebat, gusi bengkak, paska jatuh/trauma.

Kunjungan ke dokter gigi tetap dapat dilakukan namun di saat pandemi memang memerlukan perhatian khusus yang disesuaikan dengan protokol kesehatan. Beberapa persiapan yang dapat dilakukan oleh pasien adalah :

  • Lakukan kunjungan sesuai appointment sehingga klinik/rumah sakit dapat mengatur jadwal dan tidak berbenturan dengan pasien lain.
  • Selalu menggunakan masker bagi pasien dan pendamping pasien.
  • Pastikan anak dan pendamping pasien dalam kondisi sehat (tidak demam dan pilek), dan tidak dalam paska bepergian.
  • Pastikan juga memilih klinik gigi yang tepat ya, Mams, yakni yang mengikuti protokoler Covid-19 secara tepat. Dan suasana nyaman dengan interior yang warm dalam klinik juga bisa membantu.

Saat ini klinik Medikids telah banyak melakukan adaptasi yang memprioritaskan keamanan dan kenyaman pasien:

  • Dokter gigi dan perawat gigi memakai Alat Pelindung Diri (APD) level 3 yang berfungsi untuk melindungi pasien dan mencegah infeksi silang.
  • Klinik Medikids juga melengkapi ruangan tindakan dengan exhaust tekanan negatif atau vacuum aerosol guna membantu mengurangi aerosol yang melayang di udara.
  • Dental unit di klinik medikids telah dilengkapi suction HVE dan berfungsi menyedot debris dengan cepat dari dalam mulut.
  • Selain itu, kami juga melakukan desinfeksi alat yang berlapis dengan menggunakan cairan khusus dan autoclave, dan sterilisasi ruangan yang dilakukan setiap antar pasien.

Dan pada akhir Juni 2020 lalu, telah dibuka klinik Medikids BSD yang terletak di Ruko Mendrisio Square. Selain protokoler Covid-19 yang ketat, interior klinik ini juga sangat nyaman dan family friendly. Jadi, kini tidak usah terlalu khawatir lagi untuk membawa Si Kecil ke dokter gigi ya, Mams. Stay safe & healthy! (drg. Citra Paramita Sp.Ort/KR/Photo: Dok. Medikids)

Shares