Health

Kenapa Payudara Terasa Nyeri Menjelang Haid?

By  | 

Beberapa hari sebelum haid datang, selain mood yang memburuk, tubuh pun terasa tak nyaman. Termasuk area payudara yang terasa nyeri.

Periode ini disebut juga PMS (Pre-Menstrual Syndrome), dimana wanita mengalami gejala fisik dan emosional dalam 2 minggu sebelum menstruasi. Pada sebagian wanita, PMS cukup memengaruhi kehidupan sehari-hari dan akan mereda setelah menstruasi dimulai dan menghilang di akhir masa menstruasi.

Jadi, Anda tak perlu khawatir ketika mengalami payudara nyeri selama beberapa waktu lamanya. Karena bukan hanya Anda saja yang mengalaminya, namun semua wanita juga mengalami hal yang sama.

Gejala pramenstruasi ini beragam bentuknya. Setiap wanita bisa merasakan kondisi yang berbeda, dari perubahan suasana hati, mudah tertekan, perasaan lebih sensitif, hingga payudara yang membesar dan juga nyeri.

PMS bagi sebagian wanita tidak terlalu memengaruhi dirinya. Namun pada sebagian wanita lainnya, kondisi ini bisa sangat mengganggu, bahkan hingga memengaruhi kualitas hidupnya.

Penyebab Nyeri

“Setiap wanita akan mengalami mastalgia atau nyeri dan rasa yang tidak nyaman pada payudaranya saat PMS,” ujar Dr. Vaishali Joshi, Ahli Obstetri & Ginekologi dari Kokilaben Hospital – India.

Dr. Vaishali juga menambahkan bahwa apa yang Anda alami ini tidak selalu terkait dengan kanker payudara. “Rasa nyeri dan tidak nyaman ini terjadi akibat jaringan payudara merespons hormon estrogen dan progesteron dalam tubuh. Jumlah kelenjar dan saluran susu yang lebih besar dibandingkan dengan lemak, jaringan fibrosa, kelenjar getah bening, dan pembuluh darah serta saraf, adalah beberapa faktor yang kemudian menimbulkan efek rasa menggumpal pada payudara wanita muda.”

Pengaruh hormon estrogen pada paruh pertama siklus menstruasi akan memengaruhi pertumbuhan kelenjar dan saluran susu. Sedangkan pada fase pramenstruasi (hari ke 10-14 hari) sebelum menstruasi berikutnya, kadar hormon progesteron meningkat, dimana kondisi ini menyebabkan jaringan payudara membengkak dan menjadi nyeri.

PMS juga memengaruhi retensi air pada tubuh. Kondisi ini menimbulkan retensi cairan yang dapat meningkatkan ukuran payudara dan meningkatkan rasa nyeri pada payudara.

Mastalgia akibat PMS diklasifikasikan sebagai nyeri payudara siklik. Perlu Anda ketahui, dua dari tiga wanita yang sedang menstruasi akan mengalami hal ini. Rasa nyeri umumnya terasa pada bagian luar dan atas kedua payudara dan bisa berlanjut hingga bagian ketiak. Payudara Mamas juga bisa menjadi lebih besar, nyeri, dan mengencang dalam waktu seminggu atau lebih. Kondisi ini bisa Anda alami selama 10-12 hari sebelum haid, dan rasa nyerinya akan semakin menjadi pada 2-3 hari sebelum haid.

Tips Menyamankan Payudara yang Terasa Nyeri

Merubah gaya hidup lewat asupan yang lebih bernutrisi diketahui cukup membantu meringankan gejala PMS yang dialami Mama. Anda bisa memodifikasi diet Anda dengan mengurangi asupan kafein dan lemak hewani. Selain lewat asupan, biasakanlah memakai bra olahraga yang dapat mendukung berat payudara dengan tepat, serta mengompres dingin area payudara yang terasa nyeri.

Meski penggunaan obat-obatan seperti pil KB atau bahkan terapi penggantian hormon disebut-sebut dapat membantu mengobati mastalgia, namun sebaiknya Anda tetap mengonsultasikan hal ini dengan dokter. (Tammy Febriani/KR/Photo: Doc. Freepik)

Shares