Health

Ask the Expert: Bolehkah Minum Multivitamin Saat Sedang Minum Obat?

By  | 

Dear SmartMama,

Si Kecil sedang demam dan sudah mendaptkan obat dari dokter untuk beberapa hari kedepan. Yang jadi pertanyaan saya, bolehkah saat minum obat dari dokter, Si Kecil juga diberikan multivitamin?

Jessica

Dear Mama Jessica,

Saat sedang sakit, Si Kecil cenderung berkurang nafsu makannya. Padahal, tubuhnya sangat membutuhkan asupan nutrisi yang seimbang untuk menjaga daya tahan tubuh, dan mendukung tumbuh kembangnya. Karena itu, multivitamin akan membantu melengkapi kebutuhan nutrisi Si Kecil yang belum terpenuhi akibat berkurangnya porsi makan Si Kecil.

“Tidak masalah memberikan multivitamin saat Si Kecil sedang sakit. Karena saat sakit, anak-anak biasanya nafsu makannya justru menurun. Sedangkan kebutuhan nutrisi harus tetap terpenuhi. Karena itu, multivitamin bisa tetap dikonsumsi,” jelas dr. Margareta Komalasari, Sp.A – Dokter Anak dan Anggota IDAI Jaya.

dr. Margareta juga menjelaskan, bahwa mengonsumsi multivitamin saat sedang minum obat dari dokter juga tidak menjadi masalah.

“Termasuk ketika anak saat itu sedang minum obat dari dokter, hingga saat ini tidak ada kontra indikasi antara multivitamin dan obat – obatan tersebut,” lanjut dokter Margareta di sela-sela acara Media Talk show Online SakatonikABC bertajuk #GerakanTanganABC.

Jadi, saat ini Anda tak perlu lagi merasa khawatir ya, Mamas! Karena multivitamin tetap dapat dikonsumsi Si Kecil bersamaan dengan obat yang diberikan oleh dokter. (Tammy Febriani/KR/Photo: iStockphoto.com)

Shares