Parenting

Kenapa Si kecil Selalu Membawa Benda Kesayangannya?

By  | 

Semua orang tentu punya benda kesayangan. Termasuk juga Si Kecil. Kemanapun ia pergi, tak akan ia rela meninggalkan benda kesayangannya begitu saja.

Pernahkah Anda mendapati Si Kecil membawa selimut kesayangannya kemanapun ia pergi, dan menolak untuk meninggalkannya walau sebentar?  Bahkan, ia bisa merengek sepanjang hari ketika benda kesayangannya tersebut tak diajak pergi keluar rumah. Hmm… tak perlu heran ya, Mamas. Hal ini wajar kok dialami oleh Si Kecil.

Kebiasaan ini biasanya mulai timbul saat Si Kecil berusia 2 tahun. Baginya, benda-benda tersebut memberikan rasa nyaman, Mams. Benda tersebut juga bisa memberikan rasa aman saat ia mulai merasa takut, terhadap kegelapan atau terhadap orang tak dikenal, misalnya.

Namun Anda tak perlu khawatir, karena hal ini hanya berlangsung sementara saja. Biasanya Si Kecil akan mulai meninggalkan benda-benda tersebut pada usia 3-5 tahun. Kendati begitu, mungkin Anda terkadang masih akan mendapati Si Kecil memeluknya sesekali, terutama saat ia merasa tertekan.

Benda-benda kesayangan Si Kecil ini biasanya memiliki tekstur dan bau yang sangat Si Kecil kenal, sehingga mampu membantunya merasa nyaman. Kadang ia bahkan tidak peduli dengan penampilan benda tersebut, yang penting adalah tekstur dan baunya. Kedekatannya dengan benda-benda tersebut merupakan salah satu aspek dalam perkembangan masa kanak-kanak yang tak perlu dikhawatirkan, sepanjang hal itu tidak mengganggu perkembangannya, termasuk perkembangan sosialnya.

Meski kondisi ini wajar dialami Si Kecil, namun ada baiknya Mamas tetap perlu mengawasinya, apalagi bila ia lebih memilih memeluk benda favoritnya sepanjang waktu daripada memainkan mainan lainnya, tidak mau beraktivitas di luar rumah, atau pun tidak mau bermain dengan teman sebayanya. Bila hal ini sampai terjadi, Anda perlu menemukan penyebab utamanya. Cari tahu, apakah alasan ia melakukan hal ini karena faktor situasi di rumah, bertengkar dengan teman sebaya, atau masalah lain yang mungkin terkait dengan pengasuhnya.

Ada beberapa cara yang bisa Mamas lakukan agar Si Kecil tidak terlalu terikat dengan benda kesayangannya ini, yaitu dengan:

1.Ingat, jangan memaksa Si Kecil langsung melepaskan benda favoritnya. Lakukan hal ini secara perlahan ya, Mamas!

2.Coba Mamas berikan batasan, misalnya ia hanya bisa membawa bonekanya hanya di dalam rumah tidak boleh ke mana-mana, atau bahkan hanya boleh di dalam kamar tidurnya. Bujuk Si Kecil dengan mengatakan, “Selimut ini ditinggal di kamar saja ya sayang, supaya tidak kotor atau hilang.”

3.Siapkan tempat khusus untuk meletakkan barang kesayangannya saat Si Kecil bermain di luar. Cara ini akan membuatnya merasa nyaman saat meninggalkan benda kesayangannya tersebut untuk bermain.

4.Selalu cuci benda favorit Si kecil secara rutin untuk menjaganya tetap bersih.

5.Mamas juga mengalihkan perhatian Si Kecil agar tak selalu bermain dengan benda kesayangannya ini. Misalnya, ajak Si Kecil bermain puzzle, membangun mainan, melukis, dan permainan lainnya yang membuatnya fokus dan sejenak mau melupakan selimut kesayangannya.

6.Beri pelukan sesering mungkin bagi Si Kecil. Pelukan Anda akan membuatnya merasa nyaman dan merasakan bahwa ada hal lain yang lebih membuatnya merasa nyaman dibandingkan dengan benda favoritnya tersebut. (Tammy Febriani/KR/Photo: Istockphoto.com)

Shares