Health

Manfaat Mengonsumsi Kacang Hijau Bagi Si Balita

By  | 

Kacang hijau dapat diolah menjadi berbagai menu lezat yang baik bagi kesehatan dan juga tumbuh kembang Si Kecil.

Seperti kita ketahui, nutrisi yang cukup dan seimbang dapat mendukung tumbuh kembang Si Balita menjadi lebih optimal. Salah satu makanan bernutrisi yang wajib Anda berikan bagi Si Kecil adalah kacang hijau. Kacang hijau yang mengandung antioksidan, sangat baik untuk melindungi Si Kecil dari radikal bebas.

Mamas dapat mengolahnya menjadi berbagai jenis makanan maupun minuman seperti bubur kacang hijau, sari kacang hijau, popsicle, maupun isi roti dan bakpao.

Selain antioksidan, kacang hijau juga masih memiliki sederetan kandungan baik lainnya yang perlu Mamas ketahui, seperti:

-Kaya vitamin. Kacang hijau kaya akan vitamin A, B6, C, E, dan K yang penting untuk mendukung pertumbuhan Si Kecil. Tidak hanya itu, kacang hijau juga merupakan sumber protein yang baik untuk tubuh, serta zat besi yang dapat mencegah anemia.

-Kalsium dan fosfor. Kandungan kalsium dan fosfor di dalam kacang hijau akan membantu pertumbuhan tulang dan gigi Si Kecil lebih kuat.

-Flavanoid. Kandungan zat ini sangat berperan penting sebagai anti-mikroba dan anti-inflamasi yang berguna untuk melawan bakteri dan virus yang dapat masuk ke dalam tubuh Si Kecil. Flavanoid akan membuat Si Kecil daya tahan tubuh Si Kecil lebih kuat, sehingga tak mudah terserang penyakit.

-Asam folat. Kacang hijau adalah sumber asam folat yang dapat mengoptimalkan daya ingat anak. Kemampuan daya ingat yang kuat akan membantu Si Kecil untuk lebih mudah memahami dan mengingat segala sesuatu yang ia pelajari baik di lingkungan sekitar maupun di sekolah. (Tammy Febriani/KR/Photo: Doc. iStockphoto.com)

Shares