Health

Ask the Expert: Memenuhi Kebutuhan Gizi Si Kecil yang Susah Makan

By  | 

Q: Hallo Dokter Ariani,

Anak saya berusia 3 tahun dan makannya susah sekali. Ia tidak terlalu suka makan daging maupun sayur. Bahkan minum susu juga tidak pernah mau sejak kecil. Bagaimana ya, supaya asupan gizinya tetap terpenuhi?

Widya Setiawan

A: Hallo Mama Widya,

Di usia 3 tahun, anak sudah bisa bicara dan sudah bisa memilih. Karena itu ia sudah bisa menyatakan apa yang ia mau dan tidak mau.

Karena itu, dokter spesialis anak, Dr. dr. Ariani Dewi Widodo, Sp.A(K) menyarankan agar kita mengajak Si Kecil bicara. “Tanya kenapa ia tidak mau dengan makanan itu, apa alasannya, dan jelaskan bahwa makanan ini sebenarnya sehat lho. Komunikasinya harus dijalin ya, Mamas,” saran dokter Ariani.

Membujuk anak makan sesuatu memang tidak selalu mudah. Jauhkan harapan Anda bahwa hanya dalam satu kali bujuk, maka anak akan langsung mau menyantap makanan yang Anda berikan untuknya.

“Menurut penelitian, umumnya anak akan berhenti menolak setelah 10-15 kali ia mencobanya. Namun biasanya orangtua hanya akan mencoba tidak lebih dari 2-3 kali coba,” jelas dokter Ariani di acara Johnson’s Parents Club.

Karena masih kecil, anak-anak masih bisa diubah habit-nya. Jadi cara ini patut dicoba sedini mungkin. Jangan mudah menyerah ya.. (Tammy Febriani/KR/Photo: Doc. iStockphoto.com)

Shares