Health

Mengenal Warna BAB Si Newborn

By  | 

Pada newborn, mungkin Anda akan mendapati beberapa perubahan warna pada kotorannya. Kenali apa saja artinya untuk mengenali apakah Si Newborn sehat atau tidak, melalui BAB-nya.

Pada newborn, seringkali kita mendapati BAB – nya berwarna kehijauan. Meskipun tampak mengkhawatirkan, namun ini sangat normal dan secara medis disebut sebagai meconium.

Apa penyebabnya? Warna kehijauan pada warna kotoran Si Newborn terjadi karena makanan yang ia konsumsi dalam rahim, termasuk cairan ketuban, lendir dan sel-sel kulit.

Meskipun warnanya tidak biasa, kotoran ini tidak akan berbau tetapi akan lebih lengket dan melekat pada kulit bayi Anda, jadi ketika Anda akan mengganti popoknya, sebaiknya oleskan dahulu krim anti ruam untuk mengurangi risiko terjadinya ruam pada area kulit yang tertutup popok.

Ada beberapa warna lain yang mungkin akan anda dapati pada kotoran bayi Anda, yaitu seperti warna:

1.Hitam kehijauan

Kondisi ini terjadi karena kotoran bayi mengandung meconium yang berwarna hitam dan lengket seperti tar.

2.Hijau daun

Antara dua hingga empat hari setelah lahir, Mamas akan melihat kotorannya semakin tidak lengket dan lebih berwarna seperti warna hijau daun.

3.Kuning kehijauan

Warna kotoran yang bertekstur lembek ini menandakan bahwa ini kondisi pencernaan Si Kecil yang minum ASI dalam kondisi normal dan sehat.

4.Hijau terang

Warna hijau terang pada kotoran bayi menandakan bahwa bayi Anda tidak menyusu dengan benar.

5.Cokelat seperti selai kacang

Ini adalah warna kotoran bayi yang minum susu formula dengan kondisi pencernaan yang normal dan sehat.

6.Coklat tua

Warna ini menandakan bahwa kotoran bayi padat. Kurang lembek dan lebih keras.

7.Merah

Jika Anda melihat ada darah di kotoran bayi Anda, segera hubungi dokter anak Si Kecil ya, Mams!

8.Pucat / abu-abu

Hubungi dokter Anda segera! Kondisi ini menandakan ada yang salah pada pencernaan maupun kesehatan Si kecil. (Tammy Febriani/KR/Photo: Doc. iStockphoto.com)

Shares