Interior Design

Trik Membersihkan Rumah Tanpa Lelah

By  | 

Tetap rapi dan teratur adalah proses yang berkelanjutan yang tak bisa Anda lakukan hanya sekali saja dalam setiap bulan. Luangkan beberapa menit setiap hari untuk merapikan ruang demi ruang di rumah Anda, di mana kekacauan sering terjadi.

Membayangkan hal ini saja tampaknya sudah melelahkan ya, Mamas? Namun semua ada triknya. Bila perlu, simpan perlengkapan kebersihan Anda seperti pembersih serbaguna, spons, kain lembut, sarung tangan karet, dan persediaan lain yang mungkin Anda butuhkan, di setiap lantai rumah Anda. Gantung sapu atau simpan penyedot debu juga di tempat yang mudah dijangkau, agar kapan pun Anda sempat melakukannya, alat-alat kebersihan ini dengan cepat bisa Anda jangkau.

-Bersihkan Secara Bertahap

Jangan lakukan semuanya sekaligus, melainkan sedikit demi sedikit setiap harinya. Bersihkan noda-noda di sekitar wastafel dapur, merapikan pakaian dari lantai kamar tidur (masukkan ke keranjang pakaian kotor atau kembali ke lemari) di hari ini. Menyingkirkan surat, ransel, dan sepatu yang berantakan di area depan serta memisahkan tumpukan kertas menjadi tumpukan ‘to-do’, simpan, atau buang, untuk keesokan hari. Lalu lakukan hal yang sama untuk ruangan atau bagian yang lain.

-Jadwal mingguan

Buat jadwal untuk tugas yang lebih berat. Hal ini sebenarnya akan lebih mudah ditangani jika Anda melakukannya secara teratur. Bersihkan area dibawah karpet, di bawah sofa dan juga meja dapur. Bilas benda-benda yang tertutup kotoran yang lengket seperti booster seat dan mainan Si Kecil. Jangan lupa, buang semua makanan lama dalam kulkas yang sudah pasti tak akan Anda santap lagi.

-Libatkan Si Kecil

Jadikan anak-anak Anda terbiasa menjadi ‘pembantu kecil’ bagi mama dan papanya sejak dini. Pada usia 3 atau 4 tahun, mereka dapat mulai mencocokkan kaus kaki atau menyimpan kembali mainan yang sudah selesai dimainkan. Pada usia 6 tahun, anak-anak harus siap untuk tugas yang lebih besar, seperti merapikan meja atau melipat cucian.

-Kid Storage

Tetap rapi dan teratur juga harus berlaku bagi anak-anak. Letakkan tempat penyimpanan untuk buku atau mainan mereka di rak yang terjangkau oleh mereka atau letakkan di lantai. Pasang kait untuk untuk menggantung jaket dan tas sekolah mereka. Selain itu, biarkan mereka mengambil keputusan sendiri, seperti memilih pakaian hari berikutnya pada malam sebelumnya.

-Tugas Berbayar

Buat daftar tugas anak-anak secara tertulis. Buat bagan tugas dengan nama masing-masing anak di atasnya dan biarkan dia memilih tugas hari itu. Tugas dapat termasuk mengatur meja, merapikan kamar, atau mencuci piring. Anak-anak yang menyelesaikan tugasnya tepat waktu dapat memenangkan hadiah seperti membeli es krim atau mendapatkan makanan favorit lainnya.

-Seasonal Cleaning

Setiap enam bulan sekali, sisihkan waktu satu hari untuk membuat rumah Anda berantakan dengan mengeluarkan barang-barang yang tak lagi terpakai. Singkirkan pakaian dan sepatu yang jarang atau tak lagi terpakai, juga buku-buku, mainan, dan barang-barang rumah tangga yang tidak pernah Anda gunakan selama lebih dari setahun. Libatkan anak-anak dalam kegiatan ini, termasuk ketika Anda akan menyerahkan barang-barang donasi ini kepada yang membutuhkan.

-Area yang Terlupakan

Jangan lupa, ada banyak kuman dan debu di area-area ini:

*Dinding di belakang lemari es, rak, dan dispenser air

*Hiasan lampu dan bagian atas bilah kipas langit-langit

*Pesawat telepon

*Keyboard computer

Jadi pastikan Anda juga membersihkan area ini ya, Mamas!

-Gunakan Pembersih Alami

Anda bisa lho membuat sendiri produk pembersih ramah lingkungan! Campurkan cuka dan air dengan jumlah yang sama di dalam botol semprot, atau campur soda kue dan air untuk membersihkan noda permukaan seperti meja atau rak. Untuk mengembalikan kilau kaca jendela Anda, gunakan 1 gelas alkohol yang dicampur dengan 1 sendok makan cuka. Namun demi keamanan, selalu uji pembersih Anda terlebih dahulu untuk memastikan mereka tidak menggores atau merusak permukaan furnitur Anda. Lakukan dengan menggunakan produk ini sedikit saja di area kecil yang tak terlihat pada furnitur Anda, lalu lihat hasilnya. (Tammy Febriani/KR/Photo: Doc. iStockphoto.com)

Shares