Health

Manfaat Mengonsumsi Susu Kurma

By  | 

Kurma yang sudah menjadi sajian khas berbuka puasa, mengandung begitu banyak manfaat bagi tubuh. Diolah menjadi susu kurma, sudah pasti selain lezat, minuman ini juga baik untuk tubuh Anda.

Buah kurma kaya akan nutrisi, yaitu protein, karbohidrat, vitamin B, zat besi, dan kalium. Sedangkan susu, kaya akan protein, lemak, dan beragam vitamin lainnya, seperti vitamin A, B6, dan D.

Ketika keduanya diolah menjadi susu kurma, sudah tentu manfaatnya pun berkali lipat ya, Mams! Berikut ini adalah beberapa manfaat mengonsumsi buah kurma bagi kesehatan tubuh Anda:

1.Menjaga kesehatan sistem saraf. Kandungan vitamin B, kalium, dan natrium di dalam susu kurma dapat menjaga kesehatan sistem saraf. Selain itu, ion pada natrium dan kalium juga menghasilkan rangsangan saraf yang membantu menyampaikan pesan dari otak.

2.Menjaga jantung tetap sehat. Nutrisi yang ada di dalam susu kurma dapat menurunkan risiko penyakit jantung. Hal ini dapat terjadi karena kandungan kalium didalamnya yang cukup tinggi, namun rendah akan natrium, sehingga dapat menurunkan tekanan darah menjadi stabil. Selain kalium, kurma juga kaya akan serat yang dapat membantu menjaga jantung tetap dalam kondisi sehat.

3.Memperkuat tulang. Susu dan kurma kaya akan kalsium yang baik untuk kekuatan tulang Anda. Selain kalsium, buah kurma sendiri mengandung selenium, magnesium, dan tembaga yang bersifat memperkuat tulang dan juga gigi.

4.Menjaga kulit tetap sehat. Tahukah Anda Mamas, bahwa mengonsumsi susu kurma dapat membuat Anda tampak lebih muda? Hal ini dikarenakan kurma mengandung hormon phytohormone yang sifatnya dapat membantu mengurangi efek penuaan. Secara rutin mengonsumsi susus kurma akan membuat kulit lebih cerah dan lembut.

Tak hanya itu, vitamin D yang terdapat dalam susu pun dapat membantu melindungi kulit terhadap radiasi ultraviolet dan mengurangi risiko kulit kering dan eksim.

5.Meringankan sembelit. Agar terhindar dari sembelit, kita selalu dianjurkan untuk mengonsumsi cukup serat. Serat ini sifatnya menahan air yang melewati usus Anda. Air tersebut nantinya berfungsi untuk melunakkan BAB dan meringankan sembelit. Tak heran bila susu kurma yang kaya akan seratsangat dianjurkan untuk mencegah ataupun meringankan sembelit. (Tammy Febriani/KR/Photo: Doc. iStockphoto.com)

Shares