Interior Design

Tips Membersihkan Lumut Pada Paving Block

By  | 

Paving block banyak dipilih sebagai pelapis lantai luar rumah. Meski terlihat rapi, namun tetap dibutuhkan perawatan agar paving block tidak berlumut.

Paving block banyak digunakan karena selain murah dan mudah didapat, paving block juga kuat dan tidak menghambat sekaligus menghalangi resapan air. Walau begitu, karena berada di luar rumah dan sering terkena air hujan, maka paving block kerap ditumbuhi lumut. Lumut pada paving block dapat membuat material menjadi licin dan bisa membahayakan orang berjalan diatasnya.

Agar tidak menimbulkan kecelakaan, maka lumut pada paving block harus rutin dibersihkan. Bagaimana caranya? Cek tips dari kami berikut ini ya, Mamas!

1.Tebarkan semen

Sama halnya seperti bubuk kapur, semen pun dapat membunuh atau juga mencegah tumbuhnya lumut pada paving block. Cara kerjanya, cukup siram paving block menggunkaan air, lalu tebarkan semen pada permukaan dan juga sela-sela paving block. Kemudian, biarkan semen mengering. Semen ini akan menghambat lumut tumbuh baik di sela-sela maupun permukaan paving block.

2.Gunakan fungisida

Tumbuhnya lumut sebenarnya sejak awal bisa Anda cegah agar tak menjalar di permukaan paving block. Pencegahan ini bisa dilakukan dengan menyemprotkan cairan fungisida pada permukaan serta sela-sela paving block. Fungisida sendiri meski sebenarnya berfungsi untuk mengusir jamur, namun juga bisa mencegah tumbuhnya lumut.

Meski tidak bisa mencegah pertumbuhan lumut 100%, namun setidaknya pertumbuhannya akan lebih lama dibandingkan tanpa menggunakan fungisida. Semprot fungisida pada paving block saat sedang tidak hujan ya, Mamas. Panasnya sinar matahari akan membantu cairan fungisisda menyerap dengan baik ke dalam pori-pori paving block.

3.Gunakan bubuk kapur

Bubuk kapur yang dimaksud disini adalah bubuk kapur yang biasa digunakan sebagai campuran bahan bangunan ya, Mamas. Taburkan secara merata di atas paving block, maka lumut pun tak akan tumbuh. Caranya, sebelum menaburkan kapur, basahi dulu seluruh permukaan paving block dengan air. Diamkan selama semalam, setelah itu bersihkanlah lumut yang sudah mengering secara menyeluruh. (Tammy Febriani/KR/Photo: Doc. iStockphoto.com)

Shares