Health

Manfaat Ceker Ayam untuk MPASI

By  | 

Ceker ayam seringkali kita temui pada masakan seperti sup ayam ataupun soto. Lalu bagaimana dengan MPASI bayi Anda, sudahkah Anda mencobanya?

Tak hanya lezat, MPASI juga harus kaya akan nutrisi. Bagi Mamas yang mungkin merasa segan memberi ceker ayam pada MPASI Si Kecil karena bentuk dan asalnya, sebaiknya memahami terlebih dahulu manfaat baiknya bagi kesehatan Si Kecil. Apa saja manfaat MPASI ceker ayam? Cek disini ya, Mamas!

1.Mendukung perkembangan otak. Ceker ayam kaya akan asam lemak omega-3 dan omega-6 yang sangat baik untuk membantu mengoptimalkan perkembangan otak anak. Di dalam 100 gram ceker ayam terkandung 187 mg omega-3 dan 2.571 mg omega-6 yang baik untuk Si Kecil.

2.Sumber energi. Ceker ayam juga merupakan makanan sumber energi bagi tubuh Si Kecil. Menurut Angka Kecukupan Gizi yang ditetapkan oleh Kementerian Kesehatan RI tahun 2013, kebutuhan kalori bayi 7-11 bulan adalah 725 Kkal per hari. Nah, di dalam 100 gram ceker ayam terdapat 150 Kkal.

3.Menjaga kesehatan tulang. Selain susu, ceker ayam juga dapat menjaga kesehatan tulang Si Kecil. Kandungan kolagen dalam ceker ayam selain terbukti bermanfaat menjaga kesehatan tulang, juga dapat memperkuat otot, dan menjaga kulit bayi Mamas tetap sehat.

4.Mempercepat penyembuhan luka. Selain menjaga kesehatan tulang, kandunga kolagen di dalam ceker ayam juga dapat membantu mempercepat penyembuhan luka Si Kecil maupun orang dewasa.

5.Menjaga kesehatan mata. Bila sebelumnya kita mengenal wortel sebagai makanan yang baik untuk kesehatan mata, maka sekarang Mamas dapat menambahkan satu lagi sumber makanan yang baik untuk mata Si Kecil. Di dalam 100 gram ceker ayam terkandung kurang lebih 100 IU vitamin A yang baik untuk mata Si Kecil.

Melihat manfaatnya yang cukup banyak bagi kesehatan Si Kecil, maka tak perlu ragu lagi menambahkan ceker ayam dalam MPASI Si Kecil ya, Mamas! (Tammy Febriani/KR/Photo: Doc. iStockphoto.com)

Shares