Health

Mengatasi Gatal dan Keputihan di Trimester Akhir Kehamilan

By  | 

Keputihan merupakan salah satu keluhan yang kerap dialami oleh calon mama. Selain membuat ibu hamil merasa tak nyaman, kesehatan janin pun bisa terganggu.

Mengalami gatal dan keputihan merupakan hal yang sangat mengganggu. Jangan anggap remeh kondisi ini ya mamas to be, apalagi ketika Anda sedang mengandung.  

Penyebab Keputihan

Keputihan pada ibu hamil sebenarnya merupakan hal yang wajar. Kondisi ini terjadi akibat pengaruh hormonal yang disebabkan oleh peningkatan kadar estrogen dan juga aliran darah ke vagina. Nah, keputihan ini merupakan cairan yang keluar dari leher Rahim. Cairan ini merupakan sisa pembuangan dari rahim dan vagina, sel-sel mati dari dinding vagina, dan bakteri dari vagina. Pada akhir kehamilan, produksi cairan vagina ini meningkat sehingga potensi pertumbuhan kuman lebih tinggi.

Kapan Harus Berobat?

Ketika Anda merasa gatal akibat keputihan ini, maka tandanya Anda harus segera mengobati keputihan ini ya, Mamas to be. Karena rasa gatal yang timbul ini disebabkan oleh adanya kemungkinan tumbuhnya jamur. Sebaiknya Anda segera mengunjungi dokter kandungan Anda agar segera tertangani.

Keputihan yang berlanjut ini, bila tak segera diatasi, dapat menimbulkan infeksi dan berakibat fatal, baik pada kehamilan Anda maupun pada janin dalam kandungan Anda.

Mencegah Keputihan

Keputihan ini bisa dicegah dengan selalu menjaga kebersihan dan kelembapan vagina Anda, dengan cara:

-Bilas dengan air bersih setiap selesai buang air kecil dan air besar dengan selalu membersihkan dari arah depan ke belakang. Selanjutnya, keringkan dengan handuk lembut.

-Ganti celana dalam sehabis mandi atau setiap Anda merasa sudah terlalu lembap.

-Jangan menggunakan celana yang terlalu ketat.

-Jangan menggunakan panty liner yang bisa membuat vagina menjadi lembap.

-Kenakan celana dalam dari bahan katun yang menyerap keringat.

-Sebaiknya hindari penggunaan sabun dengan non pH balanced karena sabun ini dapat mengubah keasaman vagina. (Tammy Febriani/KR/Photo: Doc. iStockphoto.com)

Shares