Mind

5 Cara untuk Boosting Mood dan Kesehatan Anda Selama Pandemi Corona

By  | 

Pandemi corona membawa banyak perubahan pada gaya hidup kita dan keluarga. Dan perubahan ini tak selalu mudah, hingga mood dan kesehatan harus benar-benar dapat kita jaga.

Sama seperti working mama lainnya selama masa Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) berlangsung, anak-anak belajar dari rumah sementara kita yang work from home (wfh), harus membagi waktu antara mengurus pekerjaan kantor, mendampingi anak-anak belajar, bermain, membersihkan rumah, dan mengikuti update terbaru tentang pandemi ini. Hal ini sangat menantang bukan, Mamas? Sangat luar biasa. Nah, stres yang disebabkan oleh pandemi yang kita rasakan kemungkinan akan berubah menjadi penyakit jika kita tidak mengatasinya.

Agar terhindar dari stres, berikut adalah lima cara untuk mem-boosting kesehatan dan suasana hati Anda selama PSBB berlangsung.

1.Create a family partnership.

Ajak semua anggota keluarga untuk membahas tentang kondisi ini. Pertama, tanyakan bagaimana kita bisa melewati beberapa waktu kedepan dengan menyenangkan, tanpa melupakan kewajiban masing-masing. Tanya pendapat Si Kecil bagaimana mereka tetap bisa menyelesaikan tugas-tugasnya tepat waktu, namun juga tetap bisa bermain. Dengarkan, pertimbangkan, lalu minta mereka untuk bisa berkomitmen dengan pilihan yang mereka buat sendiri. Selain membuat kesepakatan dengan anak-anak, Anda juga bisa menjelaskan berbagai konsekuensi yang akan terjadi bila mereka melanggarnya. Seperti misalnya, jika kalian menjaga komitmen dengan baik, maka semuanya akan berjalan dengan menyenangkan, namun ketika kalian mengingkari komitmen yang sudah disepakati, maka tugas-tugas kalian akan menumpuk dan semua jadi tidak happy. Komitmen ini juga bisa Anda buat bersama pasangan lho, Mamas!

2.Siapkan camilan favorit.

Keberadaan anak-anak berada di rumah lebih lama daripada saat mereka bersekolah, sudah pasti segala sesuatunya harus lebih dipersiapkan. Termasuk salah satunya adalah camilan. Jadi, sebelum menghadapi Si Kecil rewel karena Anda membatasi camilan-camilan kurang sehat untuknya, ada baiknya Anda sudah menyiapkan berbagai snacks sehat untuknya. Buah-buahan, sereal, popcorn (tanpa mentega dan garam berlebih tentunya), muffin, smoothies, hingga roti dengan isi selai kacang bisa jadi pilihan.

3.Bermain.

Berada di rumah bersama anak-anak Anda selama berminggu-minggu tanpa bisa keluar rumah setiap saat, sudah pasti jadi hal yang sangat sulit, tak hanya bagi Anda, namun juga anak-anak. Namun lihat lihat sisi positifnya, Anda bisa punya lebih banyak waktu bersama mereka. Anda bisa melihat mereka bermain dan bahkan ikut bermain bersama mereka. Misalnya saja bermain Lego, menari, yoga, melukis, bermain mobil-mobilan atau bermain boneka. Bermain dan tertawa bersama anak juga bisa menghilangkan stres Anda lho, Mamas!

4.Stay strong.

Sekaranglah saatnya untuk waspada dan selalu menjaga kesehatan dengan menjalani pola hidup sehat. Mengonsumsi vitamin C dosis tinggi dapat menjaga kekebalan tubuh Anda. Menurut penelitian, vitamin D, selenium, dan melatonin juga dilaporkan bisa menjaga sistem kekebalan tubuh. Selain vitamin dan suplemen herbal, pastikan juga Anda bisa melengkapi hari dengan waktu luang untuk bersantai. Bagi Mamas yang suka bernyanyi, maka karaoke di rumah bisa jadi pilihan. Selain itu, membaca novel, berkebun atau mencoba resep baru di dapur Anda juga bisa jadi cara Anda untuk sedikit me time. Tidak ada cara lain yang dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh selain hati yang bahagia.

5.Bersyukur.

Penting untuk membicarakan rasa takut dan stres kita. Tetapi penting juga untuk berbicara tentang betapa bersyukurnya kita bisa bertahan selama masa-masa sulit ini. Termasuk orang-orang yang ada di garda depan menghadapi pandemi ini. Saat makan malam, tanyakan kepada anak-anak Anda, siapa yang membantu menjaga kota kita tetap berjalan? Siapa yang membantu menjaga kesehatan kita dengan baik? Dan siapa yang mungkin membutuhkan bantuan lebih sekarang ini, karena penghasilan mereka berkurang atau bahkan terkena PHK? Ajak mereka untuk bersyukur dan berterimakasih pada orang-orang yang telah berjasa menjaga agar sebisa mungkin penyebaran virus ini tak semakin besar. Hal ini adalah pelajaran penting dalam menjaga ketahanan dan kekuatan keluarga kita.

Sebelumnya, waktu kita bersama Si Kecil dan pasangan sangat terbatas. Di malam hari saat kita tiba di rumah dari kantor, anak-anak maupun kita sudah sama-sama lelah dan jarang bisa berinteraksi bersama. Sekarang, dengan mengerjakan PR di pagi hari, dan bermain setelahnya, kita jadi bisa lebih dekat bersama Si Kecil. Bersama suami dan anak-anak, kita bisa saling berbincang tentang banyak hal, seperti pengalaman masa kecil misalnya, dan cerita-cerita lainnya yang seru dan lucu. Sekarang, meskipun kita berada dalam masa-masa sulit, namun keluarga kita bisa lebih dekat.

Rahasia untuk menjadi bahagia dan gembira adalah memilihnya, dengan cara yang kita ciptakan sendiri. Tidak harus setiap hari atau setiap jam, tetapi sempatkanlah waktu untuk bersama keluarga dan tertawa yang akan membuat kita lebih sehat. (Tammy Febriani/KR/Photo: iStockphoto.com)

Shares