Education

5 Rekomendasi Buku untuk Si Remaja

By  | 

Beberapa karakteristik remaja berusia 12 – 18 tahun diantaranya adalah aktif berimajinasi, mengalami ketidakstabilan emosi, serta kecenderungan memiliki banyak teman menjadikan mereka memiliki banyak pertanyaan sekaligus menerima banyak informasi dari berbagai penjuru. Untuk membekalinya, pastikan mamas mendiskusikan berbagai opik penting melalui rekomendasi 5 buku berikut.

Lalita – Abigail Limuria & Grace Kadiman

Buku ini berisi cerita inspiratif 51 perempuan hebat asal Indonesia yang dihimpun oleh dua mahasiswi yang turut menjadikan platform sosial media @lalitaproject sebagai wadah sekaligus menyuarakan aspirasi & mimpi perempuan dari berbagai kalangan & daerah.

Mamas bisa memperkenalkan sosok – sosok di dalamnya mulai dari jurnalis Najwa Shihab, Menteri Perekonomian Sri Mulyani, Pendiri Sabang Merauke Ayu Kartika Dewi, hingga mereka yang kurang dikenal sosoknya tapi telah memberikan kontribusi positif bagi bangsa seperti Herawati Sudoyo – Ahli genetika yang mempelajari genetik suku-suku. Masing – masing profil ditulis dengan gaya bahasa kasual, inpiratif & memikat melalui ilustrasi unik.

Manners Matter, No Matter What – DR. Vivid F. Argarini

Saat beranjak dewasa dan interaksi sosial tidak hanya dilakukan di dunia nyata melainkan juga maya, manner menjadi penting untuk diaplikasikan oleh semua orang, khususnya anak – anak supaya dapat mewakili dirinya dengan baik di kalangan masyarakat, hingga usianya dewasa nanti.

Manners Matter adalah guide book khususnya bagi orangtua, dan pembuka komunikasi bagi remaja untuk mendiskusikan kembali pentingnya menjaga sikap. Dilengkapi dengan contoh kasus, tabel perkembangan sosial dan intelektual anak, serta poin- poin contoh yang mudah untuk diaplikasikan dalam kehidupan sehari – hari.

Nanti Kita Cerita Tentang Hari Ini – Marchella FP.

Buku yang satu ini menuliskan segala unek – unek dan perasaan kaum muda dalam sajian kalimat yang casual dengan ilustrasi trendi. Melejit di pasaran, hingga saat ini NKCTHI telah berubah format menjadi sebuah karya film yang patut untuk disaksikan semua kalangan.

Menonton film dan membaca bukunya, mamas bisa menggali lebih dalam perasaan anak – anak dan hal yang menjadi fokus pemikirannya. Mencari buku yang tepat untuk membuka komunikasi dengan Si Remaja? Ini adalah pilihannya!

Guru Aini – Andrea Hirata

Novel yang satu ini istimewa. Dikisahkan seorang murid bernama Aini yang bersekolah di pelosok pulau Sumatera. Karena ayahnya sakit dan tidak bisa disembuhkan oleh dokter, jadilah Ia berkeinginan untuk bercita – cita menjadi seorang dokter. Begitu mengetahui bahwa seorang dokter harus mahir matematika, Ia yang tadinya tidak menyukai pelajaran yang satu itu jadi semangat dan bertekad untuk bisa memahaminya.

Desi, Guru Aini membantu hingga akhirnya pelajar dari kota kecil yang miskin tersebut diterima di Fakultas Kedokteran. Tapi apa daya, keberuntungan tidak memihaknya karena Ia hanya anak dari tukang penjual mainan di pasar, sehingga tidak mampu membayar uang pangkal kuliah yang sangat mahal.

Sustaination – Dwi Sasetyaningtyas

Zero waste bukan hanya tentang mengganti sedotan plastik. Penulis yang juga telah mendapat pendidikan di bidang energi terbarukan di Belanda ini membawa topik perubahan iklim lebih dekat dengan pembacanya. Buku ini juga sebagai guide untuk membuat sabun dari bahan – bahan alam, membuat kompos, hingga menularkan gaya hidup minim sampah. Anak – anak akan diajak untuk turut serta berperan dalam menjaga ekosistem bumi dengan cara yang ramah lingkungan. Menginspirasi! (Nathalie Indry/KR/Photo: Various, Istockphoto.com)

Shares