Health

Calon Mama Tidur Miring Ke Kanan, Amankah?

By  | 

Memasuki trimester akhir kehamilan, perubahan tubuh menuntut Anda untuk harus menyesuaikan beberapa hal agar tetap merasa nyaman. Salah satu diantaranya adalah posisi tidur.

Perut Anda yang semakin membesar sedikit banyak memang memengaruhi Anda dalam beraktivitas sehari-hari ya, Mamas to be. Segala sesuatunya harus disesuaikan agar Anda tetap merasa nyaman, termasuk ketika Anda tidur. Tak semua posisi tidur akan terasa nyaman bagi Anda di usia kehamilan seperti sekarang ini.

Anda mungkin merasa bahwa posisi tidur miring ke kiri terasa lebih nyaman. Namun ketika miring ke kanan, kenapa terasa tak enak ya?

Risiko Calon Mama Ketika Salah Posisi Tidur

Selain memengaruhi kenyamanan, posisi tidur yang salah pada calon mama ternyata juga bisa memicu sejumlah masalah. Selain tidur kurang nyenyak, pegal, kaki bengkak, sakit pinggang, nyeri otot, hingga penurunan tekanan darah, atau meningkatnya tekanan darah juga berisiko dialami Si Calon Mama.

Lalu apa yang jadi penyebab hal ini? Menurut American Pregnancy Association, tidur miring ke kiri merupakan posisi yang tepat calon mama. Posisi ini dikatakan dapat meningkatkan sirkulasi darah serta memperlancar aliran darah dari jantung ke plasenta. Asupan nutrisi untuk janin pun dapat optimal. Itulah yang membuat calon mama merasa lebih nyaman tidur dengan posisi miring ke kiri.

Sedangkan posisi tidur miring ke kanan dapat memberikan tekanan besar pada organ hati calon mama hingga menyebabkan asupan nutrisi bagi janin berkurang. Tak hanya itu saja, sebuah penelitian yang dilakukan oleh University of Auckland yang berada di Selandia Baru, melaporkan bahwa jika calon mama sering tidur dengan posisi miring ke kanan, dapat meningkatkan risiko mengalami keguguran. Hal ini bisa terjadi karena aliran darah ke janin menjadi terhambat.

Setelah memahami risikonya, maka ada baiknya kita tak memaksakan diri untuk tidur dengan posisi miring ke kanan ya, Mamas to be. (Tammy Febriani/KR/Photo: Doc. iStockphoto.com)

Shares